Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL ILMIAH


Petunjuk Umum


Jurnal Institusi Polgan (Juripol) merupakan bunga rampai jurnal yang berfokus pada Manajemen, Pendidikan, Bisnis Manajemen, dan Manajemen Informasi, baik berupa hasil penelitian, simulasi maupun pengembangan konsep-konsep. Artikel yang diusulkan untuk dimuat dalam Juripol harus artikel ilmiah yang belum pernah dipublikasikan di media yang lain (dibuktikan dengan surat pernyataan publikasi). Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan menggunakan kaidah bahasa tulis yang baik dan benar.


Artikel ditulis dalam bentuk MS Word menggunakan huruf Times New Roman dan dengan gaya selingkung dapat dilihat pada template berikut ini.


Petunjuk Khusus
Manuskrip diawali dengan Judul, Nama Penulis, Asal Institusi Penulis dan alamat Email Penulis, Abstrak dan Kata-kata Kunci diikuti dengan bagian isi yang terdiri atas Pendahuluan, Metoda Penelitian (Pengembangan Model), Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terimakasih, Daftar Notasi (jika ada), Daftar Pustaka dan Lampiran (Gambar dan Tabel). Dalam penulisan manuskrip, gambar dan tabel tidak disajikan bersamaan dengan teks dalam bagian isi, tetapi pada bagian Lampiran yang masing-masing dilengkapi dengan nomer urut dan nama gambar dan tabel. Nomer urut dan nama gambar ditulis pada bagian bawah gambar, sementara nomer tabel dan nama table ditulis pada bagian atas tabel. Mohon dipastikan bahwa kualitas dan ukuran gambar yang disajikan cukup besar untuk menghasilkan kualitas cetak yang baik (satu halaman untuk satu gambar). Mohon gambar tidak diberi bingkai (frame). Hal ini akan memudahkan redaksi dalam melakukan pengeditan dan penyusuan format tulisan kemudian.


1. Judul, Nama Penulis, Asal Institusi Penulis, Koresponsendi Penulis (email author)
a. Judul artikel ditulis dengan ringkas tetapi informatif. Dianjurkan untuk tidak menggunakan singkatan dan rumus yang tidak dikenal secara luas.
b. Nama semua penulis ditulis di bawah judul artikel dengan lengkap tetapi tanpa gelar.
c. Asal Institusi penulis ditulis di bawah semua nama penulis masing - masing diawali dengan huruf superskrip yang sesuai dengan masing-masing nama penulis.
d. Alamat korespondensi ditulis dibawah asal institusi penulis


2. Abstrak dan Kata-kata Kunci
a. Abstrak ditulis secara ringkas; berisi maksud/tujuan, hasil dan kesimpulan yang ingin ditonjolkan. Panjang abstrak sekitar 200-250 kata. Abstrak dianjurkan tidak memuat singkatan atau formula yang tidak dikenal secara luas.
b. Langsung di bawah teks abstrak, dituliskan 6 (enam) kata kunci terpilih yang sesuai yang masing-masing dipisahkan dengan tanda koma (,).
c. Abstrak dan katak-kata kunci ditulis masing-masing dalam 2 (dua) bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.


3. Pendahuluan
Pada bagian pendahuluan disampaikan latar belakang penelitian/tulisan, secara ringkas tinjauan pustaka (literatur) yang menjelaskan state of the art penelitian dan tujuan penelitian/tulisan.


4. Metoda Penelitian (Pengembangan Model)
Pada bagian ini disampaikan bahan / materi yang digunakan dalam penelitian. Perlu disampaikan secara cukup detail metoda penelitian yang digunakan untuk menjamin bahwa hasil yang diperoleh dapat diulang atau direproduksi (reproduceable). Bila manuskrip yang disampaikan merupakan suatu pengembangan model, maka perlu disampaikan deskripsi model yang diajukan dan bagaimana model tersebut dievaluasi / digunakan.


5. Hasil dan Pembahasan
Pada bagian ini disampaikan hasil penelitian (pengembangan model) yang diperoleh secara sistematis dan konstruktif dilengkapi dengan pembahasan yang komprehensif yang mendukung tujuan penelitian dan memperkuat kesimpulan. Meskipun ada hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel atau gambar, tetapi tabel atau gambar yang dimaksud tidak disisipkan di antara teks tetapi dilampirkan pada bagian lampiran. Dalam teks cukup disebutkan nomer dan/atau nama tabel atau gambar yang dibahas.


6. Kesimpulan
Pada bagian ini disampaikan secara ringkas kesimpulan utama dari hasil yang diperoleh.


7. Daftar Notasi
Daftar Notasi ditulis berdasarkan urutan huruf abjad. Notasi huruf latin (greek) ditulis dengan urutan sebelum notasi huruf abjad.


8. Penulisan referensi
a. Referensi dalam teks
Sumber pustaka suatu kutipan atau cuplikan dalam teks ditulis dalam bagian teks dengan aturan sebagai berikut:
• Penulis tunggal: nama akhir penulis/nama keluarga (tanpa inisial, kecuali bila ada kerancuan) dan tahun publikasi;
• Dua penulis: kedua nama akhir penulis dan tahun publikasi;
• Tiga penulis atau lebih: nama akhir penulis pertama diikuti dengan dkk. dan tahun publikasi.
Sumber pustaka dapat ditulis langsung dalam teks atau dalam suatu tanda kurung ( ). Bila terdapat beberapa sumber pustaka maka urutan penulisan adalah berdasarkan abjad dan kemudian berdasarkan tahun publikasi.
Contoh: ”.... seperti diungkap dalam penelitian terdahulu (Allan, 1996a, 1996b, 1999; Allan and Jones, 1995). Kramer dkk. (2000) baru-baru ini menyatakan bahwa ......”


b. Referensi dalam Daftar Pustaka
Daftar pustaka disusun dalam urutan abjad nama akhir penulis dan waktu (jika diperlukan). Jika ada beberapa pustaka dari penulis yang sama untuk tahun yang berbeda maka perlu diberikan indeks huruf “a”, “b”, “c”, dst setelah tahun publikasi.
Contoh:
• Pustaka yang berupa majalah/jurnal ilmiah/prosiding:
Capek, P., Hejtmanek, V., Solcova, O., Klusacek, K. and Schneider, P., 1997. Gas transport in porous media under dynamic conditions, Catalysis Today 38, 31-38.


• Pustaka yang berupa buku:
Strunk Jr., W., White, E.B., 1979. The Elements of Style, third ed. Macmillan, New York.
• Pustaka yang merupakan bagian dari suatu buku dengan editor:
Mettam, G.R., Adams, L.B., 1999. How to prepare an electronic version of your article, in: Jones, B.S., Smith , R.Z. (Eds.), Introduction to the Electronic Age. E-Publishing Inc., New York, pp. 281-304.


Pemuatan Artikel dalam Jurnal Rekayasa Proses
Manuskrip, dalam format MS Word, yang telah ditulis sesuai ketentuan di atas dikirimkan ke alamat redaksi sebanyak 3 (tiga) eksemplar tercetak asli dengan kualitas cetakan yang baik beserta 1 (satu) buah soft copy dalam bentuk CD. Manuskrip juga dapat dikirimkan via alamat e-mail redaksi (lebih dianjurkan). Selain itu, mohon juga dilampirkan Data Pribadi Korespondensi Penulis (Corresponding Author) yang meliputi nama penulis (lengkap dengan gelar akademik), instansi tempat bekerja, alamat korespondensi, alamat e-mail, telepon, dan faksimili.
Manuskrip yang telah diterima redaksi Jurnal akan melalui suatu proses review oleh Dewan Redaksi dan Mitra Bestari. Dengan mempertimbangkan hasil review, redaksi berhak sepenuhnya untuk menerima atau menolak suatu manuskrip untuk dipublikasikan.


 


Alamat Sekretariat:
Juripol (Jurnal Institusi Polgan)
Politeknik Ganesha Medan
Jl. Veteran No. 194 Pasar VI, Manunggal
Labuhan - Deli, Deliserdang
Sumatera Utara


Email : polganmedan@gmail.com, juripol@polgan.ac.id


Modifikasi dari :


https://jurnal.ugm.ac.id/jrekpros/pages/view/author_guideline