Peningkatan Kemampuan Guru SMKS Kesehatan Bojongsoang Membuat Perencanaan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa Melalui Supervisi Akademik Model Kreatif

Main Article Content

Lukman Lukman
Corresponding Author:
Lukman Lukman | lukmansr84@gmail.com

Copyright (C):
Lukman Lukman

Abstract

Pembelajaran bermakna merupakan kegiatan pembelajaran yang menitikberatkan pada kegunaan pengalaman belajar bagi kehidupan nyata siswa. Dalam hal ini pengalaman belajar menekankan pada siswa belajar secara aktif dengan memberikan motivasi yang tinggi. Kegiatan belajar akan terasa hidup dan menyenangkan ketika aktivitas siswa dilibatkan secara optimal, menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS). Namun kenyataannya di lapangan hasil studi pendahuluan pada guru di sekolah binaan melalui observasi, angket dan studi dokumentasi RPP yang dibuat sebagian guru belum menggunakan PBAS, padahal Kompetensi Dasar (KD) yang dapat menggunakan PBAS relatif cukup banyak. Oleh karena itu, perlu adanya supervisi akademik khususnya pembinaan, dengan menggunakan model supervisi kreatif yang dilakukan oleh pengawas sekolah, supaya guru dapat membuat perencanaan pembelajaran berorientasi PBAS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah mengunakan sistem spiral refleksi model Kemmis dan Mc Taggart yang dimodifikasi. Strategi/metode kerja/teknik pembinaan yang digunakan dari siklus I sampai siklus II menggunakan sistem in-on-in dengan menerapkan model supervisi kreatif. Hasil pembinaan pada siklus I menunjukkan bahwa, aktivitas guru dalam membuat RPP berbasis PBAS belum memuaskan. Oleh karena itu, kemampuan dan keahlian serta aktivitas guru pada siklus I, perlu ditingkatkan dan harus diperbaiki pada siklus II. Siklus II, mengakhiri proses pembinaan pada guru melalui supervisi kreatif, dengan indikator aktivitas guru telah diatas 75.00% dan skorĀ  guru minimal 75.00 sudah diatas 85%.

Keyword: supervisi model kreatif, kemampuan, perencanaan pembelajaran pembelajaran berorientasi aktivitas siswa

Article Details

How to Cite
LUKMAN, Lukman. Peningkatan Kemampuan Guru SMKS Kesehatan Bojongsoang Membuat Perencanaan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa Melalui Supervisi Akademik Model Kreatif. Juripol, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 64-72, feb. 2020. Available at: <http://jurnal.polgan.ac.id/index.php/juripol/article/view/10484>. Date accessed: 21 oct. 2020.
Section
Articles
* Abstract viewed = 0 times PDF downloaded = 0 times *