Pengaruh Kemampuan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Majalengka

Main Article Content

Ade Sobariah Hasanah
Corresponding Author:
Ade Sobariah Hasanah | ade.sobariah85@gmail.com

Copyright (C):
Ade Sobariah Hasanah

Abstract

Produktivitas kerja karyawan yang rendah merupakan masalah yang tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena akan berdampak buruk terhadap perkembangan perusahaan. Peningkatan produktivitas kerja karyawan dipengaruhi oleh kemampuan kerja, dan motivasi kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan dan motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan adalah survey. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Majalengka yang berjumlah 41 orang, karena jumlah yang relatif sedikit, maka seluruh populasi akan diteliti sehingga merupakan penelitian sensus. Teknik analisis data menggunakan path analysis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan terhadap produktivitas kerja karyawan sebesar 26,9%. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan sebesar 12,5%. Kemampuan dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan sebesar 62,2%. Dalam meningkatkan kemampuan terhadap produktivitas kerja, karyawan harus dapat memaksimalkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya meliputi pendidikan, pengalaman, pelatihan dan kecakapan karyawan. Untuk meningkatkan motivasi terhadap produktivitas kerja, dapat dilakukan dengan cara pemenuhan kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan harga diri dan pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri karyawan.

Keyword: Kemampuan, Motivasi, Produktivitas Kerja Karyawan

Article Details

How to Cite
HASANAH, Ade Sobariah. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Majalengka. Juripol, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 85-92, feb. 2020. Available at: <http://jurnal.polgan.ac.id/index.php/juripol/article/view/10486>. Date accessed: 31 may 2020.
Section
Articles
* Abstract viewed = 0 times PDF downloaded = 0 times *