SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERANKINGAN DATA KONSUMEN PENUMPANG KERETA API DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DI PT.KAI

Main Article Content

elfrida lucyana hutahaean Elsa indah sari Roma Marbun Indra Gunawan

Abstract

Kereta api adalah kendaraan dengan tenaga gerak (listrik, diesel, atau tenaga uap) yang berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lain, yang akan atau sedang bergerak diatas rel, terdiri dari kereta penumpang dan kereta barang. Kereta Api penumpang digunakan untuk mengangkut manusia.Sistem pendukung keputusan merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data.Sistem ini digunakan membantu pengambilan keputusan dalam situasi semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur.Perangkingan data penumpang kereta api juga dibutuhkan untuk mengetahui seberapa banyak individu yang masih memakai tenaga kerja kereta api. Jika perangkingan data dilakukan secara manual maka akan memakan waktu yang cukup lama dan tingkat ketelitian manusia dalam menganalisa kriteria yang dibutuhkan sangat minim, maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat menangani masalah tersebut yaitu dengan menggunakan sistem komputerisasi yang didesain sesuai dengan kebutuhan dalam perangkingan data penumpang kereta api dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW).  Metode Simple Additive Weighting (SAW) sering juga dikenal dengan istilah metode penjumlahan terbobot.Konsep dasar metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating data penumpang.

Article Details

How to Cite
HUTAHAEAN, elfrida lucyana et al. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERANKINGAN DATA KONSUMEN PENUMPANG KERETA API DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DI PT.KAI. Juripol, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 15-25, dec. 2018. Available at: <http://jurnal.polgan.ac.id/index.php/juripol/article/view/221>. Date accessed: 24 oct. 2019.
Section
Articles
**************** Abstract viewed = 0 times ****************