DAMPAK SUSTAINABILITY PRACTICE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi kasus pada perusahaan migas dan nonmigas yang terdaftar pada indeks SRI-KEHATI periode tahun 2013-2017)

Main Article Content

Elisabet Erika Rian Paramastri

Abstract

Praktik berkelanjutan merupakan hal yang penting untuk diterapkan pada perusahaan untuk terus mempertahankan bisnisnya sehingga kinerja keuangannya pun akan semakin meningkat. Profitabilitas merupakan kunci dari kinerja keuangan. Terkait dengan hal tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang perkembangan sustainability practice dan financial performance serta dampak dari praktik tersebut terhadap ROE dari perusahaan yang terdaftar pada indeks SRI-KEHATI periode tahun 2013-2017.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan variabel sustainability practice dan ROE dalam penelitian serta untuk mengetahui dampak sustainability practice terhadap ROE pada sampel yang diteliti.


Data diperoleh dari data laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan periode tahun 2013-2017. Populasi penelitian ini sebanyak 32 perusahaan kemudian diperoleh sampel sebanyak 19 perusahaan dengan metode non-probability purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.


Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil yang diperoleh dari rata-rata variabel SP selalu meningkat setiap tahunnya sedangkan rata-rata  profitabilitasnya cenderung menurun. Sedangkan dari hasil regresi, ketahui bahwa SP memiliki dampak negatif terhadap profitabilitas perusahaan.


Dari penelitian ini, SP merupakan hal yang baik untuk diterapkan oleh perusahaan, namun dengan menerapkan SP harus tetap memperhatikan biaya yang dikeluarkan untuk merealisasikan aktivitas CSR agar penerapan SP ini dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap profitabilitas perusahaan.


 


Kata kunci: praktik berkelanjutan, indeks SRI-KEHATI, kinerja keuangan, ROE.

Article Details

How to Cite
PARAMASTRI, Elisabet Erika Rian. DAMPAK SUSTAINABILITY PRACTICE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN. Juripol, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 102-115, jan. 2019. Available at: <http://jurnal.polgan.ac.id/index.php/juripol/article/view/239>. Date accessed: 24 oct. 2019.
Section
Articles
**************** Abstract viewed = 0 times ****************