Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Pindahan Terbaik Dengan Metode MOORA Pada Dinas Pendidikan Medan Utara

Main Article Content

Ermayanti Astuti
Corresponding Author:
Ermayanti Astuti | ermaemma0216@gmail.com

Copyright (C):
Ermayanti Astuti

Abstract

Perlunya sekolah menerapkan penerapan artikel untuk pemilihan sekolah pindahan terbaik bagi siswa SMA merupakan hal yang sangat patut untuk dipertimbangkan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut akan dilakukan penelitian yang akan mencari solusi dengan membuat dan mendukung keputusan suatu artikel ilmiah, serta dapat memberikan rekomendasi output pemilihan sekolah pindahan yang sesuai untuk siswa SMA. Pemilihan tersebut membutuhkan beberapa kriteria antara lain nilai ekonomi, kemampuan belajar, waktu, dan peralatan. Metode yang digunakan dalam membangun sistem pendukung keputusan sekolah transfer terbaik bagi siswa sekolah menengah adalah Metode Optimasi Multi-Objektif On The Basic Of Ratio Analyst (MOORA). Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil keputusan akhir yang dapat membantu proses pemilihan sekolah pindahan terbaik untuk siswa SMA karena solusi pengambilan keputusan ini memberikan keluaran berupa rekomendasi dari nilai alternatif terbesar hingga terkecil dengan kriteria. yang akan ditentukan melalui metode MOORA. Sehingga dapat menghasilkan keputusan yang terbaik dan tepat dalam pemilihan sekolah pindahan terbaik yang diharapkan untuk siswa SMA.

Keyword: Pemilihan Sekolah Pindahan Terbaik, Sistem Pendukung Keputusan, MOORA.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
ASTUTI, Ermayanti. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Pindahan Terbaik Dengan Metode MOORA Pada Dinas Pendidikan Medan Utara. REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 16-22, oct. 2020. ISSN 2541-1330. Available at: <http://jurnal.polgan.ac.id/index.php/remik/article/view/10601>. Date accessed: 30 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.33395/remik.v5i1.10601.
Section
Articles
* Abstract viewed = 0 times PDF downloaded = 0 times *

References

L. Olivianita et al., “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Hasil Cetakan Buku Menggunakan Metode MOORA,” No.9.

S. Rokhman, I. F. Rozi, and R. A. Asman, “Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan Penentuan UKT Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode MOORA Studi Kasus Politeknik Negeri Malang,” J.Inform. Polinema,vol. 3, pp. 36-42, 2017.

M. Ashari and F. Mintarsih, “Aplikasi Pemilihan Bibit Budidaya Ikan Air Tawar dengan Metode MOORA – Entropy,” J. Sist. Inf., vol. 5341, pp. 63-73, 2017.

W. Sri, P. Iin, and R. Ahmad, “Analisis Perhitungan Metode MOORA Dalam Pemilihan Supplier Bahan Bangunan Di Toko Megah Gracindo Jaya,” J.N. Informatika dan Teknologi Jaringan, vol. 3, no. 1, pp. 95-99, 2018.

McLeod, R, George P.Schell. 2009. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta:Salemba Empat

M. M. K. MZ, “Pengujian perangkat lunak metode black-box berbasis equivalence partitions pada aplikasi sistem informasi sekolah,” MIKROTIK J. Manaj. Inform., vol. 6, no. 1, 2016.

D. Irsa, R. W. Saputra, and S. Primaini, “Perancangan aplikasi game edukasi pembelajaran anak usia dini menggunakan linear congruent method (LCM) berbasis android,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 6, no. 1, 2016.

R. Perwira and B. Santosa, “Implementasi Web Service Pada Integrasi Data Akademik Dengan Replika Pangkalan Data Dikti,” Telemat. J. Inform. dan Teknol. Inf., vol. 14, no. 1, pp. 1–11, 2017.

N. Nurjaya, “SISTEM INFORMASI LAPORAN RENCANA KERJA DAN ANGGARAN (RKA-BOP) BERBASIS WEB,” J. ICT (Informatics Commun. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 21–30, 2019.
M. A. Hasan, S. Supriadi, and Z. Zamzami, “Implementasi Algoritma Fisher-Yates Untuk Mengacak Soal Ujian Online Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus: Universitas Lancang Kuning Riau),” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 291–298, 2017.