Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Pada SMA Padamu Negeri Medan

Main Article Content

Romindo Romindo

Abstract

SMA Padamu Negeri Medan adalah sekolah yang memiliki dua jurusan yaitu IPA dan IPS. Proses pembelajaran masih bersifat konvensional, bahwa proses belajar mengajar antara siswa dengan guru hanya dilakukan dengan terjadinya pertemuan antara siswa dengan guru di dalam kelas. Jika guru yang bersangkutan tidak hadir dan waktu pembelajaran yang dibatasi pihak sekolah, maka secara otomatis proses pembelajaran pun akan terhambat. Berbagai konsep dan teknik baru dalam pengajaran telah banyak dikembangkan untuk menggantikan metode tradisional yang hanya mengandalkan pada metode pengajaran satu arah di kelas. Salah satu metode pengajaran yang sedang berkembang di masa sekarang adalah e-learning. E-learning dapat membantu para
pengajar dalam mendistribusikan bahan ajar mereka tanpa harus berada di kelas dengan menggunakan internet, hal ini dapat memaksimalkan waktu pembelajaran di kelas yang terbatas. Pengembangan sistem informasi dalam pembuatan perangkat lunak menggunakan metode Waterfall dan dalam pembuatan perangkat lunak ini menggunakan PHP sebagai bahasa script yang digunakan untuk membuat halaman website dan MySQL sebagai database tempat penyimpanan data. Dengan adanya e-learning ini dapat membantu proses belajar mengajar agar lebih optimal. Memudahkan para guru untuk dapat mendistribusikan materi pelajaran untuk siswa/i di SMA  Padamu Negeri Medan dan juga siswa/i dapat dengan mudah mendapat materi pelajaran. Website e-learning ini dapat dijadikan media diskusi tambahan untuk membahas materi pelajaran yang belum tuntas serta dapat mengerjakan soal-soal ujian berupa pilihan ganda dan mengumpulkan tugas-tugas yang di berikan oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
ROMINDO, Romindo. Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Pada SMA Padamu Negeri Medan. SinkrOn, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 75-80, jan. 2019. ISSN 2541-2019. Available at: <http://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/10015>. Date accessed: 24 oct. 2019.
Section
Articles
**************** Abstract viewed = 376 times ****************