Kombinasi Algoritma Playfair Cipher Dengan Metode Zig-zag Dalam Penyandian Teks

Main Article Content

Ananda Hariati Kiki Hardiyanti Widya Eka Putri

Abstract

Keamanan teks sebagai salah satu media untuk menyampaikan pesan atau informasi sangat umum digunakan saat ini. Informasi yang disampaikan dalam bentuk teks dapat bersifat penting atau rahasia. Oleh karena itu, perananan teknik pengamanan sangat penting diimplementasikan pada teks yang memiliki sifat seperti itu. Algoritma kriptografi dapat digunakan sebagai salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menangkal tindakan-tindakan penyalahgunaan informasi penting dalam bentuk teks. Teknik kriptografi dengan algoritmanya dapat merubah teks informasi asli menjadi sandi-sandi (simbol-simbol) yang
sangat sulit ditemukan korelasi dan maknanya.
 
Algoritma playfair cipher melakukanpenyandian teks dengan mensubtitusikan masing-masing karakter teks dengan karakter yang baru sesuai dengan formulasinya, sedangkan metode zig-zag akan melakukan transposisi atau pengacakan posisi karakter-karakter yang dihasilkan dari proses enkripsi playfair cipher. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan cipher dari sebuah teks yang menyulitkan pihak-pihak lain untuk menemukan makna teks yang sebenarnya, sehingga kerahasiaan teks tetap terpelihara dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HARIATI, Ananda; HARDIYANTI, Kiki; PUTRI, Widya Eka. Kombinasi Algoritma Playfair Cipher Dengan Metode Zig-zag Dalam Penyandian Teks. SinkrOn, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 13-17, june 2018. ISSN 2541-2019. Available at: <http://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/147>. Date accessed: 24 oct. 2019.
Section
Articles
**************** Abstract viewed = 185 times ****************