Analisis Sentimen Pelanggan Tokopedia Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier

Authors

  • Sifa Melina Salsabila STMIK YMI TEGAL
  • Aang Alim Murtopo STMIK YMI TEGAL
  • Nurul Fadhilah STMIK YMI TEGAL

Keywords:

Analisis Sentimen, Pelanggan, Tokopedia, Naïve Bayes Classifier

Abstract

Tokopedia adalah e-commerce dengan  pengunjung situs web terbanyak, mencapai 157 juta kunjungan pada kuartal pertama tahun 2022. Meskipun menempati urutan pertama dan bintang 5 menerima nilai paling banyak, itu pasti ada yang memberikan komentar negatif. Untuk membuktikan analisis dan pengujian itu maka memerlukan metode analisis dan klasifikasi komentar pelanggan dalam beberapa sentimen positif dan negatif. Analisis ini menggunakan metode Naïve Bayes Classifier terhadap komentar pelanggan tentang aplikasi Tokopedia di Playstore. Performa yang dihasilkan dari hasil percobaan yang dilakukan oleh rapid evaluator pada 143 data pengujian menghasilkan nilai akurasi 95,10%, dengan class recall: 91,46% (positive class: Positive) sedangkan class precision: 100.00% (positive class: Positive) dan nilai AUC: 0.999 (positive class: Positive)

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Sifa Melina Salsabila, Alim Murtopo, A. ., & Nurul Fadhilah. (2022). Analisis Sentimen Pelanggan Tokopedia Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Jurnal Minfo Polgan, 11(2), 30-35. Retrieved from https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/jmp/article/view/11640