Analisis Sentimen Pelanggan Tokopedia Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier
DOI:
10.33395/jmp.v11i2.11640Keywords:
Analisis Sentimen, Pelanggan, Tokopedia, Naïve Bayes ClassifierAbstract
Tokopedia adalah e-commerce dengan pengunjung situs web terbanyak, mencapai 157 juta kunjungan pada kuartal pertama tahun 2022. Meskipun menempati urutan pertama dan bintang 5 menerima nilai paling banyak, itu pasti ada yang memberikan komentar negatif. Untuk membuktikan analisis dan pengujian itu maka memerlukan metode analisis dan klasifikasi komentar pelanggan dalam beberapa sentimen positif dan negatif. Analisis ini menggunakan metode Naïve Bayes Classifier terhadap komentar pelanggan tentang aplikasi Tokopedia di Playstore. Performa yang dihasilkan dari hasil percobaan yang dilakukan oleh rapid evaluator pada 143 data pengujian menghasilkan nilai akurasi 95,10%, dengan class recall: 91,46% (positive class: Positive) sedangkan class precision: 100.00% (positive class: Positive) dan nilai AUC: 0.999 (positive class: Positive)