Implementasi Data Mining Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means

Authors

  • Wahyu Romadhona STMIK YMI Tegal
  • Bangkit Indarmawan Nugroho STMIK YMI Tegal
  • Aang Alim Murtopo STMIK YMI Tegal

DOI:

10.33395/jmp.v11i2.11797

Keywords:

Data Mining, Algoritma K-Means, RapidMiner Studio, KKD, K-Means Clustering

Abstract

Pelanggan potensial adalah pelanggan yang tertarik dengan produk atau layanan, tetapi tidak selesai mengambil langkah, ditahan oleh masalah yang berbeda-beda. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan cara mengidetifikasi serta mengkaji masalah-masalah yang perusahaan alami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pelanggan potensial  serta mempelajari data mining menggunakan algoritma K-Means yang diimplementasikan di Exso Coffee & Roastery saat memilih calon pelanggan. Berdasarkan dari hasil pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan pemilik dan pelanggan perusahaan yang bersangkutan, juga dengan melakukan analisa data untuk menentukan apa saja yang dibutuhkan dalam proses mengidentifikasi pelanggan potensial. Perusahaan belum dapat mengoptimalkan pelayanan pada pelanggan misalnya jumlah menu yang terbatas serta tempat duduk yang kurang nyaman. Maka diperlukan pemetaan pelanggan sehingga akan menjadi sangat peting untuk menghadapi masalah yang perushaan alami.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Romadhona, W., Indarmawan Nugroho, B. ., & Alim Murtopo, A. . (2022). Implementasi Data Mining Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means . Jurnal Minfo Polgan, 11(2), 100-104. https://doi.org/10.33395/jmp.v11i2.11797