Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas di PT Jati Jaya Lestari

Authors

  • Selly Noverina Universitas Prima Indonesia
  • Ferderich Apriadi Alexander Universitas Prima Indonesia
  • Mohd. Nawi Purba Universitas Prima Indonesia
  • Ara Auza Universitas Medan Area

DOI:

10.33395/jmp.v13i2.14071

Keywords:

Penanganan keluhan, komunikasi pemasaran, kepercayaan, loyalitas

Abstract

Perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan untuk meningkatkan penjualan karena loyalitas pelanggan sangat penting bagi mereka. Pengaruh penanganan keluhan, komunikasi pemasaran, dan kepercayaan pelanggan di PT Jati Jaya Lestari adalah tujuan penelitiannya. Metode deskriptif kuantitatif yang dipakai. Sampel dikumpulkan secara acak. Total sampel yang dipakai dihitung memakai rumus Cochran; totalnya 96 sampel. Data didapatkan menggunakan kuesioner yang diberikan untuk peserta. Untuk menganalisis data, penelitian ini menerapkan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji F dan T. Hasilnya menggambarkan bahwa, variabel penanganan keluhan, komunikasi pemasaran, dan kepercayaan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan di PT Jati Jaya Lestari. Jumlah variabel bebas yang memengaruhi loyalitas adalah 73,5%, variabel luar penelitian memengaruhi 26,5%.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Noverina, S. ., Alexander, F. A. ., Purba, M. N. ., & Auza, A. . (2024). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas di PT Jati Jaya Lestari. Jurnal Minfo Polgan, 13(2), 1377-1388. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i2.14071