Analisis Pengaruh Kualitas Website Backpaker Jakarta Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual

Authors

  • Ispandi Ispandi STMIK Nusa Mandiri
  • Rino Ramadan Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rahdian Kusuma Atmaja Universitas Bina Sarana Informatika
  • Adjat Sudradjat Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

10.33395/remik.v4i2.10527

Keywords:

Webqual; Backpaker Jakarta; Skala Likert

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi sejauh mana website backpaker jakarta dapat bermanfaat dan diterima oleh pengguna, oleh sebab itu perlu diadakan suatu pengukuran kualitas website tersebut agar dapat mengetahui apakah diterima dengan baik bagi pengguna website backpaker jakarta. Kualitas website berdasarkan persepsi pengguna merupakan hal yang penting untuk dijadikan umpan balik terhadap pihak penyedia. Penelitian ini menggunakan metode webqual yaitu dengan dimensi kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), kualitas interaksi (interaction quality). Proses analisis digunakan tahapan penarikan sampel responden yang ada di wilayah komunitas backpaker jakarta. Tahapan berikutnya analisis data yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas dan penilaian dengan skala likert. Dalam penilaian menggunakan skala likert digunakan 5 interval penilaian, yaitu Sangat Setuju, Setuju, Ragu-Ragu, Tidak Setuju, Sangat Tidak Setuju. Terdapat pengaruh Kegunaan dan Informasi secara simultan terhadap Interaksi adalah sebesar 0,015 < 0,05 dan nilai f hitung 23.978 > t tabel 3,59, sehingga dapat di simpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh Kegunaan dan Informasi terhadap Interaksi.

GS Cited Analysis

References

Chmielarz, W., & Zborowski, M. (2018). Analysis of e-Banking Websites’ Quality with the Application of the TOPsIs Method - A Practical study. Procedia Computer Science, 126, 1964–1976. https://doi.org/10.1016/j.procS.2018.07.256

Connolly, R., Bannister, F., & Kearney, A. (2010). Government website service quality: A study of the Irish revenue online service. European Journal of Information Systems, 19(6), 649–667. https://doi.org/10.1057/ejis.2010.45

Dyatmika, S. W. (2018). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia. Majalah Ekonomi, XXIII(1411), 124–134.

Pathania, A., & Rasool, G. (2017). Investigating e tailer’s perceived Website Quality using Analytical Hierarchy Process Technique. Procedia Computer Science, 122, 1016–1023. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.11.468

Rahayu, L. K., Mustika, W. P., & Wahyudi, W. F. (2018). E-Commerce Alzafa . Com Terhadap Keputusan Pembelian Online. Journal of Information System, Applied,Management,Accounting and Research, 2(1), 47–54.

Wahyuni, R. T., Herawatie, D., & Justitia, A. (2017). Analisis Kualitas Layanan Website Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Berdasarkan Persepsi Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya, 408–418.

Zamani, U. I., Sunarto, D., & Mastan, I. A. (2016). Analisi Pengaruh Kualitas Website PT Badak LNG Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal JSIKA, 5(11), 1–8. https://jurnal.stikom.edu/index.php/jsika/article/view/1387

Downloads

How to Cite

Ispandi, I., Ramadan, R., Atmaja, R. K., & Sudradjat, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Website Backpaker Jakarta Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 4(2), 239-247. https://doi.org/10.33395/remik.v4i2.10527