Analisis Pengaruh Kualitas Website Backpaker Jakarta Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual
DOI:
10.33395/remik.v4i2.10527Keywords:
Webqual; Backpaker Jakarta; Skala LikertAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi sejauh mana website backpaker jakarta dapat bermanfaat dan diterima oleh pengguna, oleh sebab itu perlu diadakan suatu pengukuran kualitas website tersebut agar dapat mengetahui apakah diterima dengan baik bagi pengguna website backpaker jakarta. Kualitas website berdasarkan persepsi pengguna merupakan hal yang penting untuk dijadikan umpan balik terhadap pihak penyedia. Penelitian ini menggunakan metode webqual yaitu dengan dimensi kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), kualitas interaksi (interaction quality). Proses analisis digunakan tahapan penarikan sampel responden yang ada di wilayah komunitas backpaker jakarta. Tahapan berikutnya analisis data yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas dan penilaian dengan skala likert. Dalam penilaian menggunakan skala likert digunakan 5 interval penilaian, yaitu Sangat Setuju, Setuju, Ragu-Ragu, Tidak Setuju, Sangat Tidak Setuju. Terdapat pengaruh Kegunaan dan Informasi secara simultan terhadap Interaksi adalah sebesar 0,015 < 0,05 dan nilai f hitung 23.978 > t tabel 3,59, sehingga dapat di simpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh Kegunaan dan Informasi terhadap Interaksi.
References
Connolly, R., Bannister, F., & Kearney, A. (2010). Government website service quality: A study of the Irish revenue online service. European Journal of Information Systems, 19(6), 649–667. https://doi.org/10.1057/ejis.2010.45
Dyatmika, S. W. (2018). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia. Majalah Ekonomi, XXIII(1411), 124–134.
Pathania, A., & Rasool, G. (2017). Investigating e tailer’s perceived Website Quality using Analytical Hierarchy Process Technique. Procedia Computer Science, 122, 1016–1023. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.11.468
Rahayu, L. K., Mustika, W. P., & Wahyudi, W. F. (2018). E-Commerce Alzafa . Com Terhadap Keputusan Pembelian Online. Journal of Information System, Applied,Management,Accounting and Research, 2(1), 47–54.
Wahyuni, R. T., Herawatie, D., & Justitia, A. (2017). Analisis Kualitas Layanan Website Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Berdasarkan Persepsi Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya, 408–418.
Zamani, U. I., Sunarto, D., & Mastan, I. A. (2016). Analisi Pengaruh Kualitas Website PT Badak LNG Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal JSIKA, 5(11), 1–8. https://jurnal.stikom.edu/index.php/jsika/article/view/1387
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Ispandi Ispandi, Rino Ramadan, Rahdian Kusuma Atmaja, Adjat Sudradjat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.