Analisis Tingkat Pengetahuan Konsumen dan Label Halal terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian

Authors

  • Irwana Pahutar Universitas Labuhanbatu
  • Pristiyono Pristiyono Universitas Labuhanbatu
  • Daslan Simanjuntak Universitas Labuhanbatu

DOI:

10.33395/remik.v7i2.12285

Keywords:

Tingkat Pengetahuan Konsumen, Label Halal, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pelanggan

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberlangsungan hidup suatu perusahaan karena menarik pelanggan lebih sulit dibandingkan mempertahankan pelanggan. Oleh karena itu perusahaan harus mampu memberikan pelayanan terbaiknya untuk menjaga pelanggan agar tetap menggunakan produk perusahaan tersebut.  Penelitian ini dilakukan di kota Panai Hulu dan menggunakan perusahaan Kosmetik Wardah Indonesia sebagai objek penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana tingkat pengetahuan konsumen dan lebel halal berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan menggunakan keputusan pelanggan sebagai variabel mediasi.

Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 96 orang responden yang bertempat tinggal, bekerja atau melakukan studi di Kota Panai Hulu yang kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda dengan uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien determinasi, uji T, dan uji sobel untuk mengetahui efek mediasi.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan konsumen dan label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kemudian keputusan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhada kepuasan, dan hasil dari uji sobel menunjukkan bahwa keputusan pelanggan sebagai variabel mediasi layak untuk digunakan

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Pahutar, I., Pristiyono, P., & Simanjuntak , D. . (2023). Analisis Tingkat Pengetahuan Konsumen dan Label Halal terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian . REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(2), 1108-1118. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12285