Analisis Tingkat Pengetahuan Konsumen dan Label Halal terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian
DOI:
10.33395/remik.v7i2.12285Keywords:
Tingkat Pengetahuan Konsumen, Label Halal, Kepuasan Pelanggan, Keputusan PelangganAbstract
Kepuasan pelanggan merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberlangsungan hidup suatu perusahaan karena menarik pelanggan lebih sulit dibandingkan mempertahankan pelanggan. Oleh karena itu perusahaan harus mampu memberikan pelayanan terbaiknya untuk menjaga pelanggan agar tetap menggunakan produk perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan di kota Panai Hulu dan menggunakan perusahaan Kosmetik Wardah Indonesia sebagai objek penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana tingkat pengetahuan konsumen dan lebel halal berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan menggunakan keputusan pelanggan sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 96 orang responden yang bertempat tinggal, bekerja atau melakukan studi di Kota Panai Hulu yang kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda dengan uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien determinasi, uji T, dan uji sobel untuk mengetahui efek mediasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan konsumen dan label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kemudian keputusan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhada kepuasan, dan hasil dari uji sobel menunjukkan bahwa keputusan pelanggan sebagai variabel mediasi layak untuk digunakan
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Irwana Pahutar, Pristiyono Pristiyono, Daslan Simanjuntak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.