Implementasi Metode Value Matching untuk Pengenalan Kepulauan Indonesia Menggunakan Manhattan Distance
DOI:
10.33395/remik.v8i2.13632Keywords:
Image Processing, Template Matching, Otsu, SobelAbstract
Perkembangan teknologi pengolahan citra sekarang ini berkembang sangat pesat, terbukti dari banyaknya yang menggunakan bidang lain pada pengolahan citra untuk menjadi tools atau alat yang dapat memudahkan kegiatannya contohnya citra pada bidang biologi, kedokteran, dan arsitektur. Citra (image) merupakan salah satu komponen informasi multimedia. Pemanfaatan teknologi pengolahan citra dalam dunia pendidikan contohnya adalah penggunaan multimedia interaktif untuk sarana belajar siswa. Beberapa kekurangan media belajar siswa yang selama ini digunakan seperti peta, atlas, globe dan semacamnya adalah media tersebut hanya memberikan gambaran statis dan teks saja. Hal ini menmbuat siswa tidak secara langsung dapat menghafal dan memahaminya. Pada penelitian ini diusulkanlah sebuah media belajar interaktif dengan pengolahan citra digital untuk mengenal kepulauan Indonesia menggunakan metode template matching, yang dilanjutkan dengan metode otsu dan sobel. Hasilnya dapat dipergunakan untuk siswa-siswi sebagai media pembelajaran yang lebih interaktif dengan menyajikan gambar – gambar (peta) yang dinamis dan edukatif.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aan Jelli Priana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.