Analisa Tekologi Menggunakan TAM (Technology Acceptance Model) pada Aplikasi POD (Power of Id)
DOI:
10.33395/remik.v8i3.14007Keywords:
Aplikasi Power of Id, Kuesioner, Technology Acceptance ModelAbstract
Berkembang pesatnya era digitalisasi membuat perusahaan terus mencari cara untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas karyawan melalui manfaat teknologi. Salah satu inovasi yang di tetapkan oleh PT MNC GS HOME SHOPPING adalah aplikasi POD (Power Of Id), yang di rancang untuk memudahkan karyawan dalam melakukan pemesan barang. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan teknologi Aplikasi POD (Power of ID) menggunakan kerangka kerja Technology Acceptance Model (TAM). Aplikasi POD adalah platform digital yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan interaksi pengguna dalam berbagai aktivitas digital. Menggunakan model TAM, penelitian ini mengukur persepsi kegunaan (Perceived Usefulness) dan persepsi kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use) dari aplikasi perusahaan PT MNC, serta bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi sikap dan niat penggunaan (Behavioral Intention to Use) dari pengguna. Metodologi penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengguna aplikasi POD. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik regresi linear untuk menguji hubungan antara variabel-variabel dalam model TAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor perspicuity, dependability, dan novelty menghasilkan nilai signifikan di bawah 0.05. Artinya, ketiga faktor tersebut secara signifikan mempengaruhi sikap pengguna terhadap aplikasi POD, yang pada gilirannya mempengaruhi niat mereka untuk terus menggunakan aplikasi ini.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dandy Julian Sikumbang, Agus Yulianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.