Implementasi Metode AHP dan TOPSIS dalam Pemilihan Social Commerce Terbaik bagi UMKM
DOI:
10.33395/remik.v8i4.14207Keywords:
AHP, E-Commerce, Social_Commerce, TOPSISAbstract
Pasca pandemi Covid-19, semakin mendorong kegiatan bisnis untuk melakukan kegiatan pemasaran salah satunya dengan memanfaatkan media sosial dan platform penjualan (e- commerce). Salah satu alasan penggunaannya yaitu untuk menjangkau lebih luas lagi pangsa pasarnya karena dengan media sosial kita mampu menjangkau pelanggan tanpa batas waktu dan wilayah. Hal tersebut jelas sangat menguntungkan dalam segi bisnis, tentunya hal ini bisa diwujudkan dengan adanya inovasi Social Commerce. Social commerce adalah upaya untuk menjual produk secara langsung melalui jejaring karena social commerce menawarkan pengalaman belanja lebih mudah. Menurut PR Newswire, nilai global social commerce diperkirakan akan mencapai $604,5 miliar pada tahun 2027. Tentunya angka tersebut sangat tinggi, mengingat potensi social commerce semakin berkembang. Saat ini sudah banyak platform e-commerce beralih pada social commerce seperti shopee, Lazada, Tokopedia. Dengan kebutuhan akan perkembangan teknologi dan peluang bisnis yang ada, pemilihan social commerce sangatlah penting untuk memulai usaha, sehingga perlu menggunakan suatu metode yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi pelaku usaha. Sehingga metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan TOPSIS (Technique for Others Reference by Similarity to Ideal Solution) diusulkan dalam pemilihan social commerce untuk memulai usaha bisnis online. AHP adalah metode pembobotan prioritas antar kriteria dengan proses analisis bertingkat. Sedangkan TOPSIS merupakan suatu metode pendukung keputusan yang mana alternatif terbaik yang terpilih tidak hanya memiliki jarak terdekat dari solusi ideal positif, namum juga memiliki jarak terjauh dari solusi ideal negative. Kombinasi dari kedua metode tersebut digunakan dengan menerapkan AHP dalam pembobotan dan TOPSIS dalam pemeringkatan berdasarkan masukan dari AHP. Penelitian ini bertujuan memberikan informasi dalam penentuan media social commerce yang efektif bagi UMKM agar dapat memaksimalkan media untuk kegiatan transaksi dan pemasaran. Hal ini tentunya mendukung UMKM untuk memaksimalkan media promosi dan penjualan dalam meraih keuntungan. Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah publikasi dalam jurnal nasional terakreditasi sinta dan luaran tambahan berupa hak cipta.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ali Ridho, Nora Listiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.