Perancangan Sistem Keluhan Pelanggan Berbasis Web E-RCM dengan Model Waterfall pada PT. Unggul Cipta Teknologi

Authors

  • Rachmat Hidayat AMIK BSI TANGERANG
  • Lona Listianingsih STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Keywords:

GPS, Electonic Customer Relationship Management (e-CRM) Local Area Network (LAN), keluhan pelanggan

Abstract

  1. Unggul Cipta Teknologi adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan kendaraan pelacak produk GPS (Global Positioning System). Selain menyediakan produk GPS, PT.Unggipta Cipta Teknologi juga memberikan layanan kepada pelanggan untuk menangani keluhan jika terjadi masalah dengan produk yang mereka gunakan. Proses pencatatan rekaman rekaman sederhana dan bukti rekaman juga tidak pernah ditulis tidak jelas, koordinasi antara administrasi dengan keluhan tidak pernah direspon dengan cepat, terasa kurang efisien dan efektif dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan sehingga keluhan pelanggan tidak pernah dialamatkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian untuk menjawab permasalahan tersebut, bahwa PT Unggul Cipta Teknologi sangat membutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu meningkatkan pelayanan pelanggan dan respon cepat serta bukti dokumen yang tersimpan dalam database. Melakukan penelitian Coustomer Relation Management (CRM) berdasarkan Local Area Network (LAN). Konsep implementasi CRM dari Bagian Administrasi akan mencakup keluhan pelanggan yang akan diteruskan ke Bagian Unit atau Keluhan atau Teknis, dari Teknisi akan melakukan pemeriksaan sesuai dengan keluhan pelanggan dan jika ditangani oleh Teknisi atau keluhan akan membuat laporan tersebut sesuai untuk hasil pemeriksaan dan akan diteruskan kembali ke Bagian Administrasi dan melapor kepada Corporate Leadership.
GS Cited Analysis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Publication History:

Submitted Mar 1, 2018
Published Mar 30, 2018
Last Modified Mar 30, 2018

Crossmark Updates

How to Cite

Hidayat, R., & Listianingsih, L. (2018). Perancangan Sistem Keluhan Pelanggan Berbasis Web E-RCM dengan Model Waterfall pada PT. Unggul Cipta Teknologi. Sinkron : Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 2(2), 112-118. Retrieved from https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/113