Rancang Bangun Aplikasi Evaluasi Diri Penyuluh Pertanian pada Balai Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K)

Authors

  • Lena Elfianty Universitas Dehasen Bengkulu

Keywords:

Aplikasi Evaluasi Diri, Penyuluh Pertanian, BP3K

Abstract

Penyuluh sebagai motivator dan rekan dalam membangun pertanian Indonesia, sungguh ironis melihat Indonesia dengan kekayaan alamnya harus mengimpor bahan pangan dari negara lain. Dapat dikatakan bahwa ada sesuatu yang salah dengan pertanian Indonesia, salah satu faktornya ialah berkaitan dengan kegiatan penyuluhan dan tentu saja melibatkan penyuluh[1].

Penyuluhan Pertanian tidak menciptakan ketergantungan, tetapi harus mampu mendorong semakin terciptanya kreativitas dan kemandirian masyarakat agar semakin memiliki kemampuan untuk berswadaya, swakarsa, swadana dan swakelola bagi penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pertanian guna mencapai tujuan, harapan dan keinginan-keinginan sasaran.  Penyuluhan Pertanian yang dilaksanakan harus selalu mengacu pada terwujudnya perbaikan kesejahteraan ekonomi masyarakat dan peningkatan harkatnya sebagai manusia.

Kinerja penyuluh pertanian perlu dilakukan evaluasi secara rutin dan terjadwal, agar dapat meningkatkan kinerja dari para penyuluh pertanian.  Dengan dilakukannya penilaian terhadap kinerja penyuluh, maka diharapkan dapat memberikan dampak terhadap peningkatan produktfitas para petani yang menjadi binaannya.  Selain itu, penilaian terhadap penyuluh secara rutin dalam hal kinerja melalui evaluasi adalah sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian nomor 91/Permentan/OT.140/9/2013 tentang Pedoman Evaluasi Kinerja Penyuluh Pertanian.

Hasil penelitian penggunaan program aplikasi evaluasi diri bagi Penyuluh Pertanian memberikan dampak positif bagi para penyuluh BP3K, karena dengan hasil evaluasi diri yang diisikan secara mandiri, jujur dengan diikuti bukti-bukti dokumen pendukungnya.  Dengan demikian seorang Penyuluh Pertanian tidak akan dapat memanipulasi data kinerjanya yang diisikan melalui program aplikasi karena harus didukung dengan bukti fisik kinerjanya.

GS Cited Analysis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads


Crossmark Updates

How to Cite

Elfianty, L. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Evaluasi Diri Penyuluh Pertanian pada Balai Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K). Sinkron : Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 2(2), 56-61. Retrieved from https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/127