Pembuatan Sistem Pendidikan Islam Learning by Games pada Anak Usia Dini dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Berbasiskan Artificial Intelegent

Main Article Content

Nanda Tommy Wirawan Radius Prawiro
Corresponding Author:
Radius Prawiro | hendranusa@yahoo.com

Copyright (C):
Nanda Tommy Wirawan, Radius Prawiro

Abstract

Mengajarkan Al-Qur’an dan Doa kepada anak-anak merupakan hal yang akan mendekatkan anak dengan pedoman hidupnya dan selalu dekat dengan Allah. Biasanya hal  pertama yang diajarkan adalah dengan memperkenalkan huruf hijaiyah agar kelak mereka dapat membaca Al-Qur’an. Huruf hijaiyah yang terdiri dari 29 huruf tersebut, mempunyai bentuk dan karakter berbeda-beda pada penekanan bentuk dan titiknya, hal ini kadang sering menyulitkan anak-anak untuk dapat dengan cepat melafalkan dan menghafal ke 29 huruf hijaiyah tersebut.


                Oleh karena itu perlu adanya suatu strategi pembelajaran belajar sambil bermain yang dapat menarik minat anak untuk lebih tertarik mengenal, melafalkan huruf hijayah dan dimana sebaiknya setiap huruf dikenalkan dengan bentuk permainan gambar puzzle yang menarik, dimana Artificial Intelegent yang telah diletakkan pada teknologi RFID yang nantinya ketika anak-anak memilih huruf dan gambar lalu menyusunnya, mereka akan mendengarkan bacaan huruf hijaiyah yang akan terputar sendiri dari Module MP3 yang telah di sinkronisasikan oleh  Artificial intelegent , itu akan lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak, anak akan merasa serasa bermain padahal tanpa terasa anak sedang belajar huruf-huruf hijaiyah. Cara tersebut akan membantu tahapan awal anak dalam belajar mengenal Al-Quran dan menghafal huruf hijaiyah dengan efektif.

Keyword: a Huruf Hijaiyah, Artificial intelegent, Teknologi RFID, module MP3.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
WIRAWAN, Nanda Tommy; PRAWIRO, Radius. Pembuatan Sistem Pendidikan Islam Learning by Games pada Anak Usia Dini dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Berbasiskan Artificial Intelegent. SinkrOn, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 14-19, sep. 2018. ISSN 2541-2019. Available at: <https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/160>. Date accessed: 06 aug. 2020.
Section
Articles
* Abstract viewed = 127 times PDF downloaded = 69 times *