Aplikasi Knowledge Base System dalam Perancangan Learning Machine

Main Article Content

Hasri Awal Ondra Eka Putra
Corresponding Author:
Ondra Eka Putra | ondraekaputra17@gmail.com

Copyright (C):
Hasri Awal, Ondra Eka Putra

Abstract

Learning machine merupakan suatu media pembelajaran yang menggunakan mesin sebagai tutor pembelajaran. Learning machine dirancang untuk pembelajaran bagi anak-anak dalam mengenal huruf abjad bahasa indonesia dan huruf hijaiyah bahasa arab baik pengucapan, pendengaran maupun penglihatan dengan knowledge based system. Anak-anak sebagai siswa dapat memilih tombol sebagai key yang disediakan untuk menampilkan huruf yang dipilih pada display dan mendengarkan pengucapan huruf tersebut melalui speaker. Learning machine dapat menampilkan huruf pada display sesuai dengan yang diucapkan siswa menggunakan voice recognition. Learning machine juga menyediakan fasilitas testing yang digunakan untuk mengetahui apakah siswa sudah menguasai huruf yang ada atau belum, yaitu dengan menampilkan huruf pada display secara random dan siswa mengucapkan huruf tersebut kemudian machine akan melakukan koreksi dengan methode pattern matching  dan menampilkan hasilnya pada display berupa statement benar atau salah. Tujuan penelitian ini agar anak-anak mudah dalam mengenal huruf abjad dan huruf hijaiyah.

Keyword: Learning machine, Knowledge based system, Voice ecognition, Pattern matching

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
AWAL, Hasri; PUTRA, Ondra Eka. Aplikasi Knowledge Base System dalam Perancangan Learning Machine. SinkrOn, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-7, sep. 2018. ISSN 2541-2019. Available at: <https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/174>. Date accessed: 06 aug. 2020.
Section
Articles
* Abstract viewed = 199 times PDF downloaded = 150 times *