Algoritma Genetika untuk Optimalisasi Klasifikasi Kepuasan Pelayanan e-KTP

Main Article Content

Castaka Agus Sugianto Tri Herdiawan Apandi

Abstract

Pelayanan publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan, maupun dalam rangka  pelaksanaan ketentuan peraturan perundang –undangan. Salah satu pelayanan public yang paling sering dikeluhan adalah E-KTP menurut data sisa perekaman masih banyak yang belum melakukan perekaman data tersebut. Untuk melihat kepuasan mayarakat terhadap pelayanan public perlu dibuatnya klasifikasi keluhanan masyarakat. Keluhan dari masyarakat dikumpulkan dalam bentuk pertanyaan yang telah disebar sebelumnya.  Data yang dikumpulkan akan diklasifikasi menggunakan metode Naïve Bayes ditambah dengan optimasi menggunakan Algoritma Genetik. Hasil klasifikasi akan didapat nilai akurasinya. Akurasi akan dibandingkan pengaruh optimasinya. Pengujian akurasi menunjukan Naïve Bayes ditambah optimasi menggunakan Algoritma Genetik dengan pemilihan Roulette Wheel memiliki nilai akurasi yang lebih baik dibandingkan dengan pemilihan skema default.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SUGIANTO, Castaka Agus; APANDI, Tri Herdiawan. Algoritma Genetika untuk Optimalisasi Klasifikasi Kepuasan Pelayanan e-KTP. SinkrOn, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 186-192, sep. 2018. ISSN 2541-2019. Available at: <https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/202>. Date accessed: 19 jan. 2020.
Section
Articles
* Abstract viewed = 290 times *