Implementasi SPK Menggunakan Profile Matching Pencari Kerja Pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri

Main Article Content

Ellya Nurfarida Andika Kurnia Adi Pradana
Corresponding Author:
Ellya Nurfarida
ellya.nurfarida@gmail.com

Copyright (C):
Ellya Nurfarida, Andika Kurnia Adi Pradana,

Abstract

Layanan satu pintu menjadi sangat populer karena manfaatnya yang dapat dirasakan langsung oleh pemerintah dan masyarakat. Salah satu sasaran layanan satu pintu di Kabupaten Kediri adalah dinas tenaga kerja untuk menggabungkan layanan pencari kerja, perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dan seleksi tenaga kerja. Tujuan dari penelitian adalah membuat Sistem Pendukung Keputusan yang dapat mendukung sistem lowongan pekerjaan pada dinas tenaga kerja. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi kepada adminĀ  dalam menentukan pencari kerja yang lolos seleksi berkas dari lowongan yang telah disubmit oleh perusahaan maupun instansi pencari tenaga kerja karena memiliki kualifikasi sesuai dengan keinginan dari perusahaan.


Sistem Pendukung Keputusan akan berintegrasi dengan sistem lowongan pekerjaan Dinas Tenaga Kerja Kota Kediri sehingga sistem dibangun berbasis web dengan menggunakan framework laravel dan basis data mySql. Sedangkan metode yang digunakan untuk membangun Sistem Pendukung Keputusan adalah profile matching.


Hasil dari penelitian adalah sebuah website pendukung keputusan yang bersifat dinamis, yang artinya bahwa admin/pengguna aplikasi dapat menginputkan data kategori dan bobot penilaian yang variatif bergantung dari permintaan dari masing-masing perusahaan. Dengan adanya implementasi yang dinamis untuk kriteria dan bobot dari masing-masing perusahaan, hasil perhitungan rekomendasi sistem pendukung keputusan menggunakan profile matching tersebut dapat mendekati dari kualifikasi masing-masing perusahaan

Article Details

How to Cite
NURFARIDA, Ellya; ADI PRADANA, Andika Kurnia. Implementasi SPK Menggunakan Profile Matching Pencari Kerja Pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri. SinkrOn, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 239-245, sep. 2018. ISSN 2541-2019. Available at: <https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/204>. Date accessed: 10 apr. 2020.
Section
Articles
* Abstract viewed = 203 times *