Analisis Algoritma One Time Pad Dengan Algoritma Cipher Transposisi Sebagai Pengamanan Pesan Teks

Main Article Content

Muhammad Khoiruddin Harahaptest http://orcid.org/0000-0002-5536-4368 Nurul Khairinatest http://orcid.org/0000-0001-5269-4057
Copyright (c) :
Muhammad Khoiruddin Harahap, Nurul Khairina,

Abstract

Konsep Algoritma penting dalam menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien, terutamanya bergelut di dunia computer programming untuk menyusun program dan menyelesaikan suatu persoalan. Banyak jenis algoritma kriptografi yang dihasilkan oleh para ilmuan, namun cara pengimplementasiannya beragam pula (berbeda – beda). Algoritma One Time Pad merupakan algoritma yang dipopulerkan oleh Major Josep Mourborgne pada tahun 1917. Algoritma ini merupakan salah satu algoritma kriptografi simetris dengan proses kunci enkripsi sama dengan kunci dekripsi. Algoritma ini menggunakan table ASCII (American Standart Code for Information Interchange). Algoritma Cipher Transposisi merupakan salah satu algoritma yang menggunakan teknik permutasi atau transposisi untuk mengubah plaintext menjadi ciphertext. Algoritma One Time Pad memiliki kriteria panjang teks harus sama dengan panjang key, jika tidak sama, maka karakter pesan pada key akan melakukan iterasi sehingga panjang pesan sama dengan panjang key. Algoritma One Time Pad sangat aman dipakai dalam penyandian, karena memiliki key yang berbeda di setiap penyandiannya terhadap pesan asli, namun algoritma ini memiliki kelemahan pada dekrispsinya yang terkadang ciphertext tidak dapat kembali secara utuh. Algoritma Cipher Transposisi membagi pesan ke dalam blok yang panjangnya sesuai dengan panjang key, apabila panjang pesan lebih pendek panjang blok, maka setiap blok yang bersisa akan diisi oleh dummy. Algoritma ini menerapkan pembacaan pesan secara horizontal pada proses enkripsi dan pembacaan secara vertikal pada dekripsi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HARAHAP, Muhammad Khoiruddin; KHAIRINA, Nurul. Analisis Algoritma One Time Pad Dengan Algoritma Cipher Transposisi Sebagai Pengamanan Pesan Teks. SinkrOn, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 58-62, june 2017. ISSN 2541-2019. Available at: <https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/42>. Date accessed: 29 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.33395/sinkron.v1i2.42.
Section
Articles
* Abstract viewed = 473 times *