Pengaruh Kualitas Jasa Dan Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Deli Mega Valutindo

Authors

  • Eliakim Purba Universitas Amir Hamzah
  • Diding Kusnady Politeknik Ganesha Medan

DOI:

10.33395/juripol.v3i1.10497

Keywords:

Kualitas Jasa,Pelayanan Prima, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Kualitas Jasa dan Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Deli Mega Valutindo. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah PT. Deli Mega Valutindo  serta unit observasinya adalah pelanggan pada PT. Deli Mega Valutindo. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada PT. Deli Mega Valutindo sebanyak 354 perusahaan. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus slovin dan berjumlah sebanyak 78 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup: validitas dan realiabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresiY = 1,208 + 0,210X1+ 0,408X2+ e Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 54,3% variable Kepuasan Konsumen dipengaruhi oleh variable Kualitas Jasa dan Pelayanan Prima, sedangkan sisanya sebesar 45,7% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti pelayanan, nilai pelanggan dan lainnya yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung>Ftabelyaitu 44,565 > 3.12 yang berarti variable bebas (Kualitas Jasa dan Pelayanan Prima) secara serempak berpengaruh terhadap variable terikat (Kepuasan Konsumen). Sedangkan uji t menunjukkan bahwa variable Kualitas Jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Deli Mega Valutindo dimanathitung 2,927 >ttabel 1.665 dan variable Pelayanan Prima berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Deli Mega Valutindo  dimana thitung 6,926 >ttabel 1.665.

GS Cited Analysis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads