PENGARUH PENDAPATAN PER BULAN, HARGA, JUMLAH TANGGUNGAN KELUARGA, DAN SELERA TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI MINYAK GORENG BIMOLI

(Studi Kasus : Rumah Tangga Di Kecamatan Medan Tuntungan)

Authors

  • dandy Universitas Prima Indonesia

DOI:

10.33395/juripol.v3i2.10823

Keywords:

Pendapatan Perbulan, Harga, Tanggungan dan Keputusan Pembelian.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk menginvestigasi pengaruh pendapatan per bulan terhadap keputusan membeli, untuk menginvestigasi pengaruh harga terhadap keputusan membeli minyak goreng  Bimoli di Kec Medan Tuntungan,  untuk menginvestigasi pengaruh jumlah tanggungan keluarga terhadap keputusan membeli minyak goreng Bimoli di Kec Medan Tuntungan, untuk menginvestigasi pengaruh selera terhadap keputusan membeli minyak goreng Bimoli di Kec Medan Tuntungan, untuk menginvestigasi pengaruh pendapatan per bulan, harga, jumlah tanggungan keluarga, dan selera terhadap keputusan membeli minyak goreng Bimoli di Kec Medan Tuntungan. Sampel dalam penelitian ini aalah sebanyak 100 orang. Adapun hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif variabel X1 (pendapatan), terhadap variabel Y (keputusan pembelian) yang ditunjukkan oleh hasil thitung > ttabel  yaitu thitung 2,899> ttabel 1,660. Dengan hubungan seperti itu terkandung arti bahwa makin tinggi/baik variabel X1 (pendapatan) maka akan tinggi/baik variabel Y (keputusan pembelian). Ada pengaruh positif variabel X2 (harga) terhadap variabel Y (keputusan pembelian) yang ditunjukkan oleh diperoleh hasil thitung > ttabel  yaitu thitung 3,915 > ttabel 1,660. Dengan hubungan seperti itu terkandung arti bahwa makin tinggi/baik variabel X2 (harga) maka akan tinggi/baik variabel Y (keputusan pembelian).  Ada pengaruh positif variabel X3 (tanggungan) terhadap variabel Y (keputusan pembelian) yang ditunjukkan oleh diperoleh hasil thitung > ttabel  yaitu thitung 2,789 > ttabel 1,660. Dengan hubungan seperti itu terkandung arti bahwa makin tinggi/baik variabel X3 (tanggungan) maka akan tinggi/baik variabel Y (keputusan pembelian).  Ada pengaruh positif variabel X4 (selera) terhadap variabel Y (keputusan pembelian) yang ditunjukkan oleh diperoleh hasil thitung > ttabel  yaitu thitung 4,145 > ttabel 1,660. Dengan hubungan seperti itu terkandung arti bahwa makin tinggi/baik variabel X4 (selera) maka akan tinggi/baik variabel Y (keputusan pembelian).  Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai signifikan adalah 0,000. Dengan demikian variabel yang terdiri dari pendapatan per bulan, harga, jumlah tanggungan keluarga dan selera berpengaruh secara bersama – sama (simultan) terhadap keputusan pembelian minyak goreng bimoli (Studi Kasus : Rumah Tangga Di Kec. Medan Tuntungan). Nilai koefisien determinasi yang diperoleh (R-Square) adalah 0,289, maka diketahui bahwa pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap keputusan pembelian sebesar 28,9%. Sisanya di pengaruhi faktor lain yang tidak diteliti

GS Cited Analysis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads