Perencanaan Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada CV. Multi Mineral Medan

Authors

  • Zainal Akademi Teknik Indonesia Cut Meutia
  • Rismaja Putra Akademi Teknik Indonesia Cut Meutia

DOI:

10.33395/juripol.v4i2.11041

Abstract

Persediaan sebagai salah satu aset penting dalam perusahaan (karena mempunyai nilai yang cukup besar dan mempunyai pengaruh terhadap besar kecil biaya operasi), maka perencanaan persediaan merupakan suatu kegiatan penting yang mendapat perhatian khusus dari manajmene perusahaaan.

Bagi CV. Multi Mineral Medan, persediaaan memegang pran penting agar perusahaan dapat berjalan dengan baik, khususnya pada persediaan bahan baku adalah mengenai penetapan jumlah pesanan ekonmis (economics order quantity), yaitu dalam menetapkan berapa jumlah dan kapan bahan baku dipesan agar ongkos simpan dan ongkos pesan dapat minimal, karena persediaan menyebabkan ongkos dan perputaran modal terhambat walaupun persediaan memungkinkan produksi dapat berjalan secara ekonomis.

Jenis data dalam penelitian ini adalaha data primer dan data sekunder, yang bersumber melalui data eksternal dan internal. MetodeĀ  pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumnetasi. Metode analisis data yang digunakan yakni metode deskriptif dan deduktif.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan pada CV. Multi Mineral Medan, dapat diketauhi bahwa dalam perencanaan bahan baku menggunakan metode EQQ pada bulan Januari diperoleh hasil sebesar 4.720 kg, dengan titik pemesanan kembali (reorder point=R) pada saat tingkat persediaan mencapai 785 kg. Sedangkan pada bulan Februari diperoleh hasil sebesar 3.440 kg, dengan titik pemesanan kembali (reorder point=R) pada saat tingkat persediaan mencapai 230 kg.

GS Cited Analysis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads