Analisis Penjualan Mie Instan Produk PT Indofood Sukses Makmur Medan

Authors

  • Zainal Akademi Teknik Indonesia Cut Meutia
  • Fauzan Azim Akademi Teknik Indonesia Cut Meutia
  • Tika Nirmala Sari Universitas Potensi Utama

DOI:

10.33395/juripol.v3i2.11053

Abstract

Mie Instan saat ini merupakan salah satu kebutuhan primer pengganti nasi. Hal ini menjadikan mie instan sebagai salah satu produkdengan persaingannya yang cukup tinggi.  PT Indofood saat ini hampir menguasai 75% pasar mie instan di Indonesia dengan salah satu pesaing terbesarnya adalah PT Wingfood. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah dan menganalisis pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap pemasaran yang dilakukan pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk.  Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus yaitu dengan mengevaluasi sistem pemasaran yang dilakukan PT Indofood Sukses Makmur Medan dan mambandingkan dengan hasil penjualan yang diperoleh.. Penelitian ini dilakukan di 5 kecamatan Kota Medan yaitu: Medan Labuhan, Medan Timur, Medan Barat, Medan Tenggara dan Medan Kota dengan usia 10 – 60 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Indomie masih menjadi produk yang diminati oleh kalangan masyarakat berusia 10 – 30 tahun hingga lebih 60%  dengan penjualan tertinggi berada di kecamatan Medan Kota. Adapun alasan masyarakat memilih Indomie adalah mudah dibawa (80%) dan rasa enak (13,5%).

GS Cited Analysis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads