Tomat PENGARUH PUPUK DAUN DAN ZPT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TOMAT (Solanum lycopersicum L)

Pertimbuhan dan Produksi Tomat

Authors

  • Eliakim Purba Purba Universitas Amir Hamza

DOI:

10.33395/juripol.v4i2.11094

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk daun dan ZPT  terhadap pertumbuhan dan produksi tomat, serta interaksi kedua perlakuan tersebut.

Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Pola Faktorial, yang terdiri dari 2 faktor yaitu : Faktor pupuk daun ( Bayfolan ) dengan notasi (D) yang terdiri dari 4 taraf : D0 (0 ml/l air), D1(1 ml/l air), D2 (2 ml/l air), dan D3 (3 ml/l air). Faktor ke dua yaitu ZPT  ( Viva Gibd ) dengan notasi (H) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : Z1 (0 ml/ liter air), Z2 (0,2 ml/ liter air), dan Z3 (0,4 ml/ liter air). Untuk menggambarkan pertumbuhan dan produksi tomat dilakukan pengamatan terhadap parameter tinggi tanaman, diameter batang, jumlah bunga produktif, jumlah buah per tanaman, produksi per plot, dan produksi per hektar.

Hasil penelitian menunjukkan pupuk daun Bayfolan berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 30 HST, produksi per plot, dan produksi per hektar. Perlakuan terbaik dijumpai pada D3 yaitu 3 ml/ liter air.

ZPT berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter pengamatan yaitu tinggi tanaman, diameter batang, jumlah bunga produktif, jumlah buah per tanaman, produksi per plot, dan produksi per hektar.

Interaksi antara pupuk daun bayfolan dan ZPT berpengaruh nyata terhadap Diameter Batang pada umur 30 HST. Perlakuan interaksi antara pupuk daun Bayfolan kontrol (0 ml/ liter air) dan 0,2 ml/ liter air.

Berdasarkan hasil penelitian untuk mendapatkan pertumbuhan dan produksi tanaman tomat yang baik dianjurkan menggunakan pupuk daun Bayfolan dengan konsentrasi 3 ml/ liter air, atau menggunakan interaksi antara pupuk daun bayfolan dan ZPT yaitu kontrol (0 ml/ liter air) dan 0,2 ml/ liter air.

 

Keyword : Pupuk Daun, ZPT, Pertumbuhan dan Produksi Tomat

GS Cited Analysis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads