ANALISIS CITRA CITRA MEREK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. QUANTUM ICT DI MEDAN
DOI:
10.33395/juripol.v4i2.11104Keywords:
Citra Merek, Promosi Penjualan, Loyalitas PelangganAbstract
Perkembangan dunia usaha yang dinamis dan penuh persaingan menuntut perusahaan untuk melakukan perubahan orientasi terhadap cara mereka mengeluarkan produk, mempertahankan produknya, menarik konsumen, dan menangani pesaing. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah menarik pelanggan dan dapat mempertahankan pelanggan tersebut agar tetap loyal terhadap perusahaan. Berdasarkan pembahasan keseluruhan penelitian ini, peneliti menarik kesimpulan penelitian secara parsial, citra merek berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Quantum ICT karena thitung > ttabel (2,288 > 1,976) serta nilai probabilitas sebesar 0,024 < 0,05. Promosi penjualan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Quantum ICT karena thitung > ttabel (8,869 > 1,976). Secara simultan, citra merek berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Quantum ICT karena Fhitung > Ftabel (40,507 > 3,06) serta nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh adalah 35,1% sedangkan sisanya sebesar 64,9% diterangkan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.