PENGARUH SEGMENTASI PASAR DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI PT. MUTIFA MEDAN
DOI:
10.33395/juripol.v4i1.11161Keywords:
segmentasi pasar, saluran distribusi, volume penjualanAbstract
Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa hal yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan dan mmpertahankan posisi perusahaan di pasar adalah dengan membuat dan menetapkan segmentasi pasar yang akan dimasuki. Keberhasilan perusahaan tentu saja sangat bergantung pada pelanggannya, mulai dari siapa pelangggannya, bagaimana karakteristik pelanggan yang akan mempengaruhi proses pembelian, sampai bagaimana daya beli pelanggan, semuanya ditentukan oleh proses segmentasi pasar. Saluran distruibusi berperan dalam meningkatkan volume penjualan dari produk yang dihasilkan perusahaan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh segmentasi pasar dan saluran distribusi terhadap peningkatan volume penjualan di PT. Mutifa Medan, metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan deduktif. Hasil penelitian adalah segmentasi pasar yang dilakukan oleh PT. Mutifa Medan berdasarkan geografis dan jenis produk yang dihasilkan berdasarkan segmen menurut wilayah yang bertujuan agar produk yang dihasilkan oleh PT. Mutifa Medan dapat menjangkau wilayah Indonesia. Jenis obat yang di produksi PT. Mutifa Medan yaitu jenis injeksi, syrup, tablet, kapsul dan salep atau obat luar yang masing-masing mempunyai manfaat tertentu. PT. Mutifa Medan melakukan distribusi secara tidak langsung melalui pedagang besar dan disalurkan lagi kepada pengecer, barulah sampai kepada konsumen. Mengenai perkembangan volume penjualan yang diperoleh PT. Mutifa Medan selama tahun 2016 s/d 2020 mengalami peningkatan setiap tahunnya.