SISTEM PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS PADA PT. JESS & CO TRAVEL MEDAN

Authors

  • Joko Prayogi Universitas Amir Hamzah

DOI:

10.33395/juripol.v4i1.11163

Keywords:

Sistem informasi akuntansi penjualan, penerimaan kas

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui  apakah perusahaan dalam menerapkan analisis sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas sudah sesuai dengan akuntansi yang berlaku, PT. JESS & CO Medan merupakan perusahaan yang beroperasi dalam penjualan tiket, dimana perusahaan bergerak dibidang jasa travel , yamg beralamat  Komp Merbau Mas Medan. Data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah data primer yang secara langsung diperoleh melalui wawancara dan data skunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode pengamatan (observasi) dan wawancara (interview). Dalam menganalisis data menggunakan teknik analisa deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa PT JESS & CO tour dan travel belum memenuhi tiga kriteria pokok yaitu cepat, aman dan murah sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan, dalam struktur organisasi perusahaan masih belum mempunyai job description yang cukup baik, hal ini terlihat dari pemisahan fungsi yang kurang baik, dimana antara yang melakukan penginputan data dan mel;ayani pelanggan dilakukan oleh staf yang sama., dalam hal ini bagian tiketing melakukan fungsi rangkap, sistem pengolahan data yang dilaksanakan oleh PT. JESS & CO Tour & Travel untuk penjualan tiket pesawat terbang maupun penjualan paket perjalanan wisata adalah menggunakan sistem online, yaitu terlihat dari untuk transaksi yang terjadi dalam perjalanan wisata seluruh perincian biaya dikirimkan lewat email langsung ke perusahaan, dalam hal penyetoran kas ke bank belum ada kepastian bagaimana dan siapa yang bertanggung jawab dalam melakukan penyetoran tersebut. Hendaknya setiap transaksi penerimaan dan pengeluaran kas harus disertai dengan dokumen / bukti untuk memperkecil kecurangan yang terjadi pada perusahaan. Saran penelitian adanya pembagian tugas yang tidak baik, dimana bagian tiketing merangkap dalam melakukan pekerjaan, dimulai dari mendata nama pembeli,  jam dan tanggal keberangkatan serta mengeluarkan kwitansi, seharusnya bagian kasir dapat berperan dalam hal mengeluarkan kwitansi. Sebaiknya perusahaan melakukan pembagian tugas terhadap masing-masing staf

GS Cited Analysis

Downloads

Download data is not yet available.