KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN FUNGSI KEPEMIMPINAN KOMANDAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH BAHASA TNI AL KODIKLATAL SURABAYA

Authors

  • Supangat Supangat Universitas Hang Tuah Surabaya.

DOI:

10.33395/juripol.v4i2.11181

Keywords:

Kemampuan manajerial guru, Fungsi kepemimpinan Komandan sekolah, Kinerja guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor kemampuan manajerial guru dan fungsi kepemimpinan Komandan sekolah bahasa TNI AL Kodiklatal di Surabaya yang berorientasi pada hubungan secara bersama-sama (simultan) atau sendiri-sendiri (parsial) mempunyai pengaruh terhadap Kinerja guru di Sekolah bahasa TNI AL Kodiklatal Surabaya. Selain itu diantara Kemampuan manajerial guru dan Fungsi kepemimpinan Komandan sekolah, mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Kinerja guru. Dengan mengambil sampel 40 guru di lingkungan Sekolah bahasa TNI AL Kodiklatal Surabaya dan  menggunakan metode penelitian deskriptif kuantatif, diketahui bahwa faktor kemampuan manajerial guru dan Fungsi kepemimpinan Komandan sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Sedangkan secara sendiri-sendiri, Kemapuan manajerial guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dan berpengaruh lebih dominan daripada  variabel Fungsi kepemimpinan Komandan sekolah. Fungsi kepemimpinan Komandan sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Implikasi hasil penelitian yang penting antara lain perlu mengaplikasikan secara efektif dan optimal terhadap fungsi kepemimpinan Komandan sekolah dan meningkatkan kemampuan manajerial guru melalui training dengan partisipasi aktif setiap guru. Selain itu perlu tindak lanjut penelitian terhadap variabel yang sama.

GS Cited Analysis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads