PENGARUH MARKET ORIENTATION TERHADAP MARKETING COMPERTENCY PADA PT. PERDAGANGAN INDONESIA MEDAN

Authors

  • Muhammad Khuzaifi Universitas Amir Hamzah

DOI:

10.33395/juripol.v4i2.11184

Keywords:

Orientasi pasar, Kompetensi pasar

Abstract

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa setiap perusahaan harus memiliki kompetensi dalam penjualan sehingga dapat meningkatkan kinerja pemasarannya. Kompetensi pemasaran merupakan usaha manajer untuk mengembangkan strategi pemasaran dengan menanamkan kualitas perilaku pemasaran, seperti pada persentasi penjualan. Meningkatkan kompetensi kompetensi pemasaran, diharapkan dapat meningkatkan kinerja penjualan. Untuk meningkatkan kinerja pemasaran dan kompetensinya sehingga dapat melakukan persentasi yang baik terhadap konsumen, perusahaan perlu memberikan pelatihan kepada karyawannya baik melalui sentra pendidikan, training manajemen, peningkatan pengetahuan produk melalui media dan sebagainya. Untuk memperoleh data dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode pengamatan (observasi) dan wawancara (interview).

Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa faktor daya tanggap, jaminan, empati danĀ  bukti fisikĀ  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pasar, daya tanggap merupakan yang paling dominan dalam mempengaruhi kompetensi pemasaran. Secara parsial dari variabel bebas yang diteliti ternyata hanya dimensi variabel daya tanggap dan jaminan yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pasar. Melalui identifikasi determinan, didapat bahwa nilai R2 sebesar 0,410 berarti variabel bebas mampu menjelaskan terhadap variabel terikatnya yaitu kompetensi pasar sebesar 41.0% dan sisanya sebesar 59.0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan seperti gaya hidup, motivasi, infrastuktur, dan lain-lain.

GS Cited Analysis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads