PENGARUH REGULASI DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI AKUNTANSI UNIVERSITAS AMIR HAMZAH MEDAN
DOI:
10.33395/juripol.v5i1.11343Keywords:
Regulasi Diri, dan Kebiasaan Belajar.Abstract
Dalam akuntansi diharapkan mahasiswa memperoleh hasil belajar yang tinggi dan baik.Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya regulasi diri dan kebiasaan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dan kebiasaan belajar dapat meningkatkan hasil belajar terutama pada mata kuliah sistem informasi akuntansi mahasiwa program studi akuntansi di Universitas Amir Hamzah Medan.Penelitian menggunakan metode ex post facto. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah mahasiswa Program studi akuntansi 2020 A, 2020 B, 2019 A dan 2019 B dengan sampel 118 mahasiwa. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan interview.Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan berbantuan aplikasi SPSS versi 22. Berdasarkan analisa data, hasil uji t regulasi diri (0,00372 < 0,05) dan kebiasaan belajar (0,000 < 0,05) dan hasil uji F sebesar 29,5074 dengan nilai probabilitas (sig) = 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa regulasi diri dan kebiasaan belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar sistem informasi akuntansi mahasiswa Program studi Akuntansi UNHAM. Sedangkan secara parsial tidak berpengaruh terhadap hasil belajar sistem informasi akuntansi mahasiswa Program studi Akuntansi Universitas Amir Hamzah Medan.