Pengaruh Pengetahuan, Motivasi Belajar Dan Sosialisasi Pasar Modal Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Berinvestasi Di Pasar Modal
Keywords:
Minat; Motivasi; Pengetahuan; SosialisiAbstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengetahuan pasar modal, motivasi belajar pasar modal, dan sosialisasi pasar modal terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berinvestasi di pasar modal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang berada di Propinsi Sumatera Utara, baik dari universitas negeri maupun universitas swasta, dengan sampel penelitian sebanyak 184 mahasiswa akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pasar modal, motivasi belajar tentang pasar modal, dan sosialisasi pasar modal berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berinvestasi di pasar modal. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pasar modal untuk meningkatkan minat mahasiswa akuntansi dalam berinvestasi di pasar modal.