Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan pada Yayasan Bina Taruna

Authors

  • Hariyanti Siregar Politeknik Ganesha Medan
  • Surya Guntur Politeknik Ganesha Medan

DOI:

10.33395/juripol.v3i2.13046

Keywords:

Perancangan, Sistem Informasi

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini dunia informasi berkembang begitu pesat karena ditunjang dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Komputer merupakan salah satu alat guna menunjang perkembangan teknologi informasi. Oleh karena itu suatu lembaga yang menggunakan komputer dalam mengelola sistem informasinya akan mempunyai nilai lebih daripada sistem yang diolah secara manual. Dapat dikatakan sistem informasi yang menggunakan komputer akan lebih menunjang efisiensi dan produktivitas.

Kegiatan perpustakaan yang dilakukan di Yayasan Bina Taruna merupakan kegiatan pelayananan utama di Yayasan Bina Taruna. Salah satu pelayanan yang diberikan pihak Yayasan Bina Taruna kepada para siswa/i adalah menyedikan apliksi untuk mehgelolah data buku dan lain-lain agar dengan mudah untuk melakukan proses peminjaman dan pengembalian buku.

Untuk menangani hal tersebut, maka dibuatlah sebuah aplikasi khusus yang digunakan untuk mengelola dan mencatat berbagai transaksi peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan Yayasan Bina Taruna. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Vb.Net 2010 dan database MySQL. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu pencatatan data peminjaman dan pengembalian buku, sehingga dapat lebih meningkatkan efektivitas kerja serta menyediakan informasi dengan cepat dan akurat.

GS Cited Analysis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads