Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone OPPO

Authors

  • Dewi Budhiartini Universitas Amir Hamza

Keywords:

Kualitas Produk; Persepsi Harga; Minat Beli.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Oppo Pada Masyarakat Desa Sukamulia Kecamatan Pagar Merbau. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dengan jumlah populasi sebanyak 1.174 responden dengan batas toleransi sebesar 10% yang dihitung dengan rumus slovin maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 92 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik Analisis Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi. Hasil analisa regresi linier berganda diperoleh Y = 3,292 + 0,235X1 + 0,389X2. Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat beli smartphone oppo. Hal tersebut dapat dilihat dari thitung 2,975 > ttabel 1,662 dengan signifikan 0,004 < 0,05. Sementara untuk variabel persepsi harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat beli smartphone oppo. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung (3,080) > ttabel (1,662) dengan signifikan 0,003 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel kualitas produk dan persepsi harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli smartphone oppo, hal tersebut dilihat dari nilai fhitung (48,460) > ftabel (3,10) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dengan nilai R square sebesar 0,521. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel X1 dan variabel X2 terhadap variabel Y sebesar 52,1%, sedangkan sisanya sebesar 47,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini

GS Cited Analysis

Downloads

Download data is not yet available.