Analisis Kualitas Pelayanan Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Ud. Star Swalayan
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Produk, Keputusan Pembelian, UD. Star SwalayanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada UD. Star Swalayan, mengetahui pengaruh Produk terhadap Keputusan Pembelian pada UD. Star Swalayan, mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Keputusan Pembelian pada UD. Star Swalayan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada UD. Star Swalayan selama periode 2020 sebanyak 37.291 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 8,786 + 0,476 Kualitas Pelayanan + 0,403 Produk + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki nilai thitung (5,700) > ttabel (1,987) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada UD. Star Swalayan. Hasil analisis menunjukkan Produk memiliki nilai thitung (4,387) > ttabel (1,987) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Produk terhadap Keputusan Pembelian pada UD. Star Swalayan