Pengaruh Strategi Pemasaran Produk Makanan dan Minuman Terhadap Minat Beli Konsumen
Keywords:
Strategi Pemasaran, bauran Pemasaran, Minat beli, konsumen.Abstract
Marketing Mix atau yang banyak dikenal dengan bauran pemasaran merupakan hal penting dalam kegiatan pemasaran. Bauran pemasaran (marketing mix) meliputi place, product, price dan promotion. Post Cafe menerapkan strategi bauran pemasaran tersebut dengan tujuan untuk menarik minat beli konsumen sehingga dapat meningkatkan omset pendapatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat korelasial kuantitatif, penelitian ini akan membahar seberapa besar pengaruh variabel bebas dan variabel terikatnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Teknik wawancara yang digunakan yaitu wawancara tak berstruktur dilakukan kepada karyawan dan pemilik Post Cafe. Penyebaran angket dilakukan kepada 67 responden dengan pengukuran skala likert. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk melengkapi data penelitian agar lebih mudah dalam mengkaji secara mendalam. Dokumentasi berupa pengumpulan brosur dan daftar menu yang ada di Post Cafe. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan uji t diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel (2,597 > 2,000) sehingga hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan hipotesis alternatif diterima maka dapat dikatakan bahwa variabel pemasaran (X) berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen (Y). Nilai koefisien regresi pemasaran (X) sebesar 0,431. Hal ini menunjukkan bahwa koefisien regresi tersebut bernilai positif