Analisis Kepemimpinan, Sarana Kerja terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klaten Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening

Main Article Content

Suparto Suparto Agus Hardaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan sarana kerja terhadap kinerja pegawai sekretariat komisi pemilihan umum kabupaten klaten Melalui Komitmen Organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Data yang digunakan adalah data primer dengan mengambil sampel Sampel dalam penelitian ini adalah 34 pegawai sekretariat komisi pemilihan umum kabupaten klaten. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Data dalam riset ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Alat analisis yang dipakai Uji Instrumen Penelitian, Uji linearitas, analisis jalur dan regresi dengan uji t, uji F dan Uji R2. Hasil Uji t menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi pegawai. Sarana kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi pegawai. Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Sarana kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Komitmen organisasi pegawai berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kepemimpinan, sarana kerja, komitmen organisasi pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Nilai R2 total adalah 95,9%%. Ini berarti bahwa kinerja pegawai dijelaskan oleh variabel kepemimpinan, sarana kerja, komitmen organisasi pegawai sebesar 96% dan sisanya sebesar 4,1% dijelaskan variabel lain diluar model penelitian. Penggunaan intervening dalam penelitian ini adalah tidak efektif. Variabel kepemimpinan adalah paling efektif dalam meningkatkan kinerja, karena mempunyai pengaruh yang paling besar, positif dan signifikan.

Article Details

How to Cite
SUPARTO, Suparto; HARDAYA, Agus. Analisis Kepemimpinan, Sarana Kerja terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klaten Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening. Juripol, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 50-67, jan. 2019. Available at: <https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/juripol/article/view/232>. Date accessed: 12 nov. 2019.
Section
Articles
**************** Abstract viewed = 0 times ****************