Studi Segmentasi Pasar terhadap Produk Batari Beku di Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Zulifah Chikmawati Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Keywords:

Jumlah Konsumen, Volume Penjualan, Warung dan Restoran, Keuntungan Produk Batari Beku

Abstract

Keuntungan betari beku yang terjual di warung dan restoran di Kabupaten Sidoarjo di pengaruhi oleh Varian jumlah pengunjung dan volume penjualan. Dirjen KKP mengungkapkan bahwa prospek pasar batari yang melimpah sangat dipengaruhi segmentasi pasar utamanya konsumen batari. Kabupaten Sidoarjo menyediakan ikan bandeng yang melimpah untuk di jadikan batari sebagai prospek usaha. Untuk mengetahui korelasi varian jumlah pengunjung dan volume penjualan terhadap keuntungan produk batari beku di warung dan restoran, diperlukan pembuktian empiris. Populasi penelitian diambil dari warung dan restoran yang ada di Kabupaten Sidoarjo, pengambilan sampel 10 warung dan 10 restoran dengan teknik random sampling. Dua variabel dalam penelitian yaitu: jumlah pengunjung dan volume penjualan diambil melalui analisa data diskriptif, trend dan ekonomisnya melalui wawancara dan dokumentasi. Uji kualitas data menggunakan uji t Test dan interpretasi terhadap model (Minitab 14). Hasil regresi linier terdapat pengaruh positif variabel varian jumlah pengunjung (0,43) dan volume penjualan (0,45) terhadap keuntungan produk batari beku 86,7 % dan sisanya sebesar 13,3% dijelaskan oleh faktor lain. Kesimpulan terdapat pengaruh yang positif jumlah pengunjung dan volume penjualan terhadap keuntungan produk batari beku secara bersama-sama atau parsial.

GS Cited Analysis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads