Analisa Pengaruh Kualitas Website PPDB Terhadap Kepuasan Pengguna

Main Article Content

Lilyani Asri Utami Ahmad Ishaq Nurul Maulidiyah
Corresponding Author:
Lilyani Asri Utami | lilyani.lau@nusamandiri.ac.id

Copyright (C):
Lilyani Asri Utami, Ahmad Ishaq, Nurul Maulidiyah

Abstract

Website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) memberikan kemudahan bagi orang tua dan calon peserta didik baru dalam mengetahui informasi mengenai pelaksanaan seleksi penerimaan peserta didik baru, melakukan pendaftaran serta melakukan pemantauan hasil seleksi karena dapat dengan mudah diakses melalui gadget atau perangkat lain yang terkoneksi dengan internet. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah kualitas dari website PPDB berpengaruh terhadap kepuasan pengguna pada SMKN 57 Jakarta. Penelitian ini berfokus pada kepuasan pengguna website PPDB menggunakan metode webqual yang terdiri dari 3 variabel yaitu kualitas kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi (interaction quality). Data yang digunakan dalah data primer, yaitu dengan menyebar kuesioner menggunakan skala likert dengan 20 pernyataan kepada 95 responden. Data yang diperoleh dan diolah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 16. Berdasarkan variabel webqual, hasil analisis menyatakan kualitas kegunaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, sedangkan kualitas informasi dan kualitas interaksi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.

Keyword: Website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Webqual, SPSS, Kualitas Website, Kepuasan Pengguna

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
UTAMI, Lilyani Asri; ISHAQ, Ahmad; MAULIDIYAH, Nurul. Analisa Pengaruh Kualitas Website PPDB Terhadap Kepuasan Pengguna. SinkrOn, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 31-37, sep. 2018. ISSN 2541-2019. Available at: <https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/163>. Date accessed: 05 june 2020. doi: https://doi.org/10.33395/sinkron.v3i1.163.
Section
Articles
* Abstract viewed = 156 times PDF downloaded = 165 times *