Pengujian Usability Sistem Framework React Native dengan Expo untuk Pengembangan Aplikasi android Menggunakan USE QUESTIONNAIRE

Main Article Content

Rahmat Tri Yunandar Priyono Priyono
Copyright (c) :
Rahmat Tri Yunandar, Priyono Priyono,

Abstract

Merancang dan membuat sebuah aplikasi berbasis mobile yang tentu paling populer android saat ini dirasakan begitu mudah. Adalah react native sebuah framework javascript yang dikembangkan oleh facebook dan memungkinkan kita membuat aplikasi mobile android ataupun ios. Dengan expo yang berbasis framework react native ini memungkinkan pengguna atau para pengembang aplikasi dapat secara langsung melihat hasil atau compile proyek pengerjaan code editor. Seiring dengan penjelasan tersebut pada penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah sistem pada react native dengan expo memiliki akseptabilitas berdasarkan kriteria usability. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner terdiri dari 13 pertanyaan yang dikelompokan menjadi lima variable usability. Berdasarkan hasil analisa yang diperoleh bahwa lima variable yang digunakan kuesioner menunjukan satu variable signifikan digunakan untuk menganalisis usability sistem yaitu memorability. Dan hasil evalusasi/pengujian menunjukkan bahwa nilai penerimaan usability oleh pengguna berada di atas angka 3 (diatas nilai tengah) dalam skala 5. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kenaikan tingkat usability adalah mudah diingat dan dipelajari sekaligus berpengaruh positif dalam menaikkan tingkat akseptabilitas sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
YUNANDAR, Rahmat Tri; PRIYONO, Priyono. Pengujian Usability Sistem Framework React Native dengan Expo untuk Pengembangan Aplikasi android Menggunakan USE QUESTIONNAIRE. SinkrOn, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 252-259, sep. 2018. ISSN 2541-2019. Available at: <https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/198>. Date accessed: 21 jan. 2020.
Section
Articles
* Abstract viewed = 341 times *