Aplikasi Monitoring Perkembangan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Web

Authors

  • Putri Darmayanti Politeknik Ganesha Medan

DOI:

10.33395/jmp.v10i2.11296

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Aplikasi monitoring, Waterfall, PHP

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukkan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Dalam memantau perkembangan anak, seorang guru harus mempunyai catatan-catatan yang menjadi referensi baginya untuk memberi laporan tentang perkembangan anak didiknya, baik dari segi nilai akademik maupun kompetensinya guna untuk mengevaluasi pembelajaran siswa, hasil dari belajar siswa biasanya akan diberikan setiap periode per semester, hal ini menyebabkan tidak adanya tolak ukur perbedaan antara laporaan saat ini dengan laporan sebelumnya. Untuk mengakomodir hal tersebut, dibutuhkan suatu aplikasi yang sistematis sehingga perkembangan anak dapat terpantau setiap hari baik oleh guru maupun orang tuanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall (air terjun) yang merupakan suatu metode perancangan yang sangat baik karena mengidentifikasikan dengan baik kebutuhan pemakai. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan memberikan informasi tentang perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus agar memberi manfaat bagi guru, orang tua dan sekolah. Aplikasi ini memberikan informasi mengenai perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SLB Swasta Syafiq tanpa harus menunggu sampai akhir semester.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Darmayanti, P. (2022). Aplikasi Monitoring Perkembangan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Web. Jurnal Minfo Polgan, 10(2), 1-6. https://doi.org/10.33395/jmp.v10i2.11296