IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM PERANCANGAN APLIKASI POINT OF SALE (POS) BERBASIS ANDROID

Authors

  • Riah Ukur Ginting Universitas Sari Mutiara
  • Aestetika O Sarumaha Universitas Sari Mutiara
  • Alexander Sibero Universitas Sari Mutiara
  • Harold Situmorang Universitas Sari Mutiara

DOI:

10.33395/jmp.v11i2.11693

Keywords:

Point Of Sale, UML (Unified Modeling Languange), Android

Abstract

Dalam perkembangan dunia bisnis saat ini, bisnis sudah berkembang pesat, banyaknya persaingan yang semakin ketat. Sistem penjualan atau Point Of Sale (POS) pada rumah makan Bakmi Yaahowu adalah sistem yang melayani penjualan dan perhitungan produk yang dimiliki oleh rumah makan Bakmi Yaahowu melalui aplikasi yang berbasis android. Beberapa permasalahan yang ada adalah sistem pemesanan dirumah makan Bakmi Yaahowu masih dilakukan secara langsung dan rumah makan Bakmi Yaahowu belum memiliki sebuah sistem yang dapat meningkatkan hubungan dengan para pelanggan sehingga belum dapat memberikan pelayanan untuk mendapatkan pesanan yang diinginkan, serta mempercepat pelayanan untuk merespon setiap pesananyang dipesan oleh pelanggan. Dalam perancnagan aplikasi Point Of Sale (POS) berbasis Android ini di modelkan dengan UML (Unified Modeling Languange) meliputi Uce Case Diagram, Activity Diagram, Sequeence Diagram. Aplikasi Point Of Sale (POS) berbasis android dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java dan MySQL.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Ukur Ginting, R. ., O Sarumaha, A. ., Sibero, A. ., & Situmorang, H. . (2022). IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM PERANCANGAN APLIKASI POINT OF SALE (POS) BERBASIS ANDROID. Jurnal Minfo Polgan, 11(2), 79-88. https://doi.org/10.33395/jmp.v11i2.11693