Pengaruh Kualitas Wesbite Terhadap Kinerja Bisnis, Studi Kasus Website Travel

Authors

  • Farid Angga Pribadi Politeknik Negeri Malang

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12419

Keywords:

Analytic Hierarchy Process (AHP), Business Performance, Travel, Website Quality, WebQual

Abstract

Situs web adalah sarana bertukar dan berbagi informasi antar pengguna. Situs web menyampaikan informasi dalam berbagai jenis, bahasa, dan bentuk serta kombinasi teks, gambar, suara, dan video yang dimaksudkan untuk menginformasikan, membujuk, menjual, dan memberikan perspektif atau bahkan mengubah sikap atau keyakinan.

Usability website travel merupakan bagian dari kualitas website yang erat kaitannya dengan kualitas pelayanan yang berdampak pada kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui kualitas website, dapat dilakukan ppengukuran. Teori utama yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teori WebQual.

Tahap pertama adalah identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas website dengan menggunakan domain WebQual dan beberapa domain lainnya yang dihasilkan dari studi literatur. Domain tersebut adalah Kegunaan, Kualitas Informasi, Interaksi Layanan, Fungsionalitas Situs Web, dan Hubungan Pelanggan.

Tujuan dari penelitian adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi prioritas dalam mengukur kualitas website travel. Kemudian, menganalisis kesenjangan antara mengukur kualitas website melalui survei pengguna dengan mengukur kualitas website melalui evaluasi berbasis pakar. Terakhir adalah menganalisis pengaruh kualitas website terhadap kinerja bisnis e-travel.

Pendekatan yang digunakan adalah metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Data diproses menggunakan metode AHP dan menghasilkan bobot lokal dan global untuk setiap domain dan parameter pendukungnya.

Hasilnya adalah parameter yang berada pada domain Usability mendominasi dengan urutan Positive Experience (Global Weight: 0.071) pada posisi pertama, parameter Easy To Use (Global Weight: 0.067) dan diketahui bahwa kualitas website berbanding lurus dengan kinerja bisnis. Hal ini dibuktikan dengan website yang menempati posisi pertama dari segi kualitas website sama dengan website yang menempati posisi pertama dari segi kinerja bisnis.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Pribadi, F. A. (2023). Pengaruh Kualitas Wesbite Terhadap Kinerja Bisnis, Studi Kasus Website Travel. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 357-368. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12419