Virtual Museum Lukis Berbasis WebGl Untuk Meningkatkan Pengetahuan Seni Lukis

Authors

  • Retno Damayanti Politeknik Negeri Malang
  • Dimas Wahyu Wibowo
  • Ahmad Kofi Anan Farizqi Muslik

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12420

Keywords:

Virtual Museum, Virtual Reality, Three Js, Multimedia Development Life Cycle

Abstract

Perkembangan teknologi yang terus berkembang secara tidak langsung mempunyai dampak positif dan negatif, salah satunya yaitu kurangnya kesadaran dalam mengetahui peninggalan sejarah. Salah satunya adalah sebuah karya seni lukis yang mempunyai cerita atau sejarah masing-masing. Oleh karena itu untuk tetap mempertahankan serta meningkatkan pengetahuan mengenai karya seni lukis dapat dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu sebuah Virtual Museum Lukis. Virtual Museum Lukis yang dikembangkan berbasis WebGL dengan menggunakan Three Js yang merupakan library javascript khusus untuk mengolah objek secara 3D sehingga user dapat mengakses melalui browser pc masing-masing. Dengan teknologi tersebut memungkinkan pengguna dapat merasakan seolah-olah berada didalam museum, dan dapat berkeliling serta berinteraksi dengan koleksi museum dengan cara menekan tombol yang sudah disediakan. Dalam melakukan pengembangan Virtual Museum Lukis, terdapat sebuah metode yang dapat membantu dan dapat mempermudah dalam proses pembuatan yaitu menggunakan Multimedia Development Life Cycle. Sehingga menghasilkan nilai usability sebesar 87,4%, nilai fungsionalitas sebesar 85,7% dan nilai uji keefektifan Virtual Museum Lukis untuk meningkatkan minat dan pengetahuan seni lukis sebesar 71,6% yang didapatkan dari pengujian dengan user sebanyak 30 responden.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Damayanti, R., Wibowo, D. W., & Muslik, A. K. A. F. (2023). Virtual Museum Lukis Berbasis WebGl Untuk Meningkatkan Pengetahuan Seni Lukis. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 369-377. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12420