Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kegunaan terhadap Minat Perilaku Menggunakan Teknologi (Studi Kasus pada UKM di Malang)

Authors

  • Priska Arindya Purnama Universitas Bina Nusantara
  • Kornelius Kelemur Kroon Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Nanang Suryadi Universitas Brawijaya

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12503

Keywords:

Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Minat Perilaku Menggunakan Teknologi, TAM

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi yang berlangsung secara bersamaan dan konstan telah menawarkan peluang layanan baru bagi berbagai kalangan sektor bisnis untuk melakukan praktek bisnis baru, sementara di sisi lain, hal ini juga merupakan ancaman bagi model bisnis yang sudah mapan. Teknologi yang semakin berbenah juga memunculkan social commerce yang merupakan evolusi baru dari e-commerce yang memadukan kegiatan komersial dan penggunaan media sosial dengan memanfaatkan peringkat pengguna, referensi, komunitas online, dan iklan sosial untuk memfasilitasi belanja online. Dalam upaya pembangunan perekonomian nasional, meningkatkan daya saing bagi usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu faktor yang perlu diperhitungkan. Dengan adanya strategi peningkatan daya saing bagi UKM, maka peran UKM bagi sektor pembangunan perekonomian nasional akan semakin besar. Salah satu faktor yang cukup berperan penting untuk meningkatkan daya saing UKM adalah dengan mengadopsi teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan persepsi kegunaan (perceived usefulness) terhadap minat perilaku dalam menggunakan teknologi (behavioral intention to use), mengetahui model perilaku penerimaan dan pemanfaatan social commerce sebagai strategi bisnis dengan pendekatan technology acceptance model (TAM), serta dampak pemanfaatan social commerce sebagai strategi bisnis bagi pelaku UKM di Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif menggunakan wawancara semi terstruktur dan kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi umumnya bagi pemerintah Malang dalam menetapkan kebijakan-kebijakan khususnya mengenai penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi pada pelaku UKM. Sedangkan kontribusi khusus bagi pelaku UKM itu sendiri adalah dapat meningkatkan awareness dalam menggunakan social commerce dalam rangka menyusun strategi bisnis untuk meningkatkan keunggulan bersaing di era teknologi yang semakin maju dan berkembang.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Priska Arindya Purnama, Kornelius Kelemur Kroon, & Nanang Suryadi. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kegunaan terhadap Minat Perilaku Menggunakan Teknologi (Studi Kasus pada UKM di Malang). Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 872-877. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12503