Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada Pengunjung Transmart Padang
DOI:
10.33395/jmp.v12i1.12547Keywords:
Gaya Hidup Berbelanja, Nilai Belanja Hedonis, Pembelian ImpulsifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Pengaruh Nilai Belanja Hedonis (2) Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja terhadap Impulse Buying pada Pengunjung Transmart Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dimana penelitian ini menggunakan data numerik dan proses penelitiannya menekankan pada pengukuran hasil yang obyektif dengan menggunakan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4.771 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS versi 16.00. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji T pada α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Hedonic Shopping Value berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying pada pengunjung Transmart Padang (2) Shopping Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada pengunjung Transmart Padang.