Analisis Strategi Pemasaran Laundry di Masa Pandemi
DOI:
10.33395/jmp.v12i1.12615Keywords:
Laundry, Pandemi, Strategi PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dan kendala yang dialami oleh pelaku usaha Laundry Zahra di Kanagarian Saok Laweh Kecamatan Kubung, saat menerapkan strategi pemasaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah pemilik usaha Laundry Zahra dan beberapa pelanggan Laundry. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik/metode. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan proses kelangsungan laundry selama pandemi masih sama tidak ada perubahan yang signifikan, pelaku usaha menerapkan strategi baru berupa layanan jasa antar jemput gratis, dan pemilik usaha beserta karyawan konsisten dalam melakukan pekerjaannya agar tidak mengecewakan pelanggan.